CIANJUR

Terungkap! Inilah Biang Macet Jalan Raya Pacet-Cipanas

RADARSUKABUMI.com – Permasalahan parkir yang berujung kemacetan kerap menyergap di kawasan kuliner dari mulai Jalan Raya Pacet, Cipanas, hingga Puncak.

Kemacetan disebabkan daya tampung parkiran yang tak sebanding dengan jumlah kendaraan dari sejumlah tempat kuliner yang ada.

Berdasarkan pantauan Radar Cianjur, kemacetan bisa sampai tiga atau empat kilometer akibat badan jalan yang kerap dijadikan tempat parkir di kawasan kuliner di jalan nasional tersebut. Kemacetan terparah bisa ditemui menjelang sore di akhir pekan hingga malam hari.

Banyaknya kendaraan dari luar daerah yang ingin berkunjung ke tempat kuliner sate dan makanan khas Cianjur lainnya, membuat juru parkir terpaksa memarkirkan kendaraan di bahu jalan.

Kondisi tersebut masih kerap terjadi karena liburan akhir pekan dan jalur puncak yang beberapa bulan terakhir telah dibuka bahkan sudah terlihat tak ada kendala.

Banyak wisatawan luar daerah yang mengajak keluarga untuk memanfaatkan pekan terakhir liburan ke sejumlah tempat wisata di kawasan Cipanas. Hingga akhirnya para wisatawan pun tak sedikit yang memanfaatkan waktunya untuk memanjakan perutnya ke sejumlah tempat kuliner khas Cianjur.

Kemacetan kerap menyergap sampai ke wilayah Ciherang dari titik kawasan kuliner. Kendaran terpaksa merayap dan terkadang berhenti beberapa saat.

”Macet kerap terjadi, terutama malam minggu atau pada musim liburan, saya melihat parkirnya sudah banyak yang di badan jalan. Dua badan jalan digunakan untuk parkir, hingga menyebabkan kemacetan yang cukup panjang,” kata Iwan (36) salah seorang warga Pacet kepada Radar Cianjur.

Menurutnya, tak banyak yang bisa dilakukan oleh warga setempat. Bahkan untuk mengantisipasi kemacetan tersebut menjadi lalapan setiap jelang libur akhir pekan.

”Kadangkala saya sebagai warga Pacet suka agak dongkol kang. Karena memang jalur Pacet, Cipanas ini tak bisa dielakkan lagi kalau sudah hari Sabtu, Minggu. Itu pasti saja macet,” ujarnya.

Tak beda dikatakan Hadi (40) warga Cipanas. Menurutnya, jika akhir pekan seperti Sabtu, Minggu, itu memang sering terjadi macet. Apalagi jika ada libur tanggal merah atau ada acara di beberapa hotel wilayah Pacet, Cipanas, kemacetan sudah mulai sejak siang hingga menjelang malam.

”Saya harapkan kemacetan di jalur Pacet hingga Cipanas itu bisa lebih diatasi. Baik dari segi penataan kendaraan yang parkir di bahu jalan, maupun keluar masuk di beberapa hotel di Cipanas. Itu perlu pembenahan dari instansi-instansi terkait,” tukasnya.

(RC/dan/pojokjabar/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *