Jalur Baru Cianjur Selatan Akan Dibangun

BANDUNG–Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini sedang membangun akses baru di kawasan Ciwidey-Cikadu Cianjur menuju ruas utama jalur Pangandaran-Pelabuhanratu. Menurut Sekda Jabar Iwa Karniwa, jalur baru ini mencapai 120 kilometer.

Perbaikan, dilakukan dengan memantapkan kondisi jalan lewat teknis hotmix dan beton dan diupayakan tuntas akhir 2019. “Ini proyek yang direncanakan sejak 2013-2014 dan dikerjakan bertahap sampai saat ini,” ujar Iwa kepada wartawan, Kamis (29/11).

Menurut Iwa, jalan tersebut harus dibangun karena masyarakat di wilayah tersebut tak memiliki akses jalan. “Kasihan nelayan dan petani di sana kalau mau ke Cianjur atau ke Kabupaten Bandung bisa delapan jam,” katanya.

Saat ini, kata dia, warga di wilayah Cikadu sudah ada yang mulai memanfaatkan kehadiran akses tersebut.”Alhamdulillah dulu waktu tempuh harus delapan jam akhirnya pada 2019 nanti kita bisa ke Cikadu dalam waktu 2,5 jam melalui Soreang,” katanya.

Jalan tersebut, kata dia, dibangun untuk menembus isolasi Jabar Selatan juga untuk melancarkan distribusi hasil pertanian maupun peternakan. Serta, hasil laut dari Jabar Selatan yang selama ini terhambat dengan akses dan lamanya perjalana.

“Dengan adanya jalan tersebut, para petani, peternak maupun nelayan bisa langsung menjualnya langsung ke konsumen dengan harga yang lebih mahal,” katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.