Asyiknya Karaoke Online di RRI Gateway Indonesia

  • Whatsapp
Komunitas RRI Gateway Indonesia (foto: ist/dok)

RADARSUKABUMI.com – RRI Gateway Indonesia sebagai komunitas karaoke dunia maya ternyata kian tersohor. Komunitas yang didirkan oleh Chandra Kuawatly sejak 7 tahun silam itu kini telah beranggotakan 400 orang. Di Sukabumi, pelaku karoke online RRI Gateway Indonesia ini pun mulai bermunculan.

“Berawal dari hobby bernyanyi, dari situlah kemudian saya kumpulkan kawan-kawan di rumah. Ternyata, ada beberapa kawan yang ahli IT menyarankan untuk membeli server dan peralatan2 lainnya untuk membuat karaoke online,” kata Chandra, Selasa (17/6/2019).

Dalam perjalanannya, kenang Chandra, server tersebut sempat diretas oleh hacker. Lalu ia mendapat tawaran internet berkekuatan besar oleh seoarang rekan di Singapore.

“Berjalanlah karaoke online secara sederhana selama 3 tahun dan kami kumpulkan anggota pada saat itu yang promosinya dari mulut ke mulut sebanyak kurang lebih 100 orang anggota,” lanjutnya.

Chandra kemudian tertarik dengan teknologi dari Jerman bernama Teamspeak3. Bersamaan dengan itu, ia bersama anggota lainnya membangun Gateway Indonesia hingga sekarang.

Untuk memaksimalkan kegiatan, ia pun menggandeng Radio Republik Indonesia (RRI). Sejak itu, ia menamai kumpulan ini dengan RRI Gateway Indonesia karaoke online.

Untuk menjaga kekompakan sesama anggota, komunitas ini juga aktif mengadakan kegiatan kumpul bersama (gathering) di Jakarta, Bogor bahkan hingga Sukabumi. Selain itu mereka juga sering malang melintang di sejumlah acara musik bergengsi Televisi Nasional.

Di antaranya kegiatan nonton bareng acara musik di TVRI bahkan ada beberapa anggota yang turut menyumbangkan suara emasnya di acara tersebut.

“Tiap malam minggu pada pukul 23.00 sampai 24.00 kami nyanyi live di acara RRI di programa 1 RRI Jakarta,” imbuhnya.

Di RRI Jakarta, komunitas ini mendapatkan wadah khusus berkat kerjasama yang terjalin. Kegiatan seperti lomba-lomba karaoke online selalu rutin digelar di panggung auditorium RRI diiringi live music dan disiarkan langsung oleh RRI programa 1 atau RRI Network. Siaran ini pun bisa didengarkan melalui aplikasi RRI play.

Lebih lanjut Chandra menambahkan, komunitas RRI Gateway Indonesia saat ini sedang mengembangkan management artist. Tujuannya supaya lahir bibit-bibit penyanyi unggul di dunia musik. Sehingga kesejahteraan anggota pun terpenuhi dan komunitas berkembang pesat.

“Kami telah menerbitkan 1 orang penyanyi namanya Yani GWI, dia seorang perawat di puskesmas kecil di Jambi, tapi karena hobi bernyanyi dan suaranya bagus, maka kami pilih dia, lagunya berjudul seterang matahari,” terangnya.

Bagi siapapun yang memiliki hobi karaoke, komunitas ini membuka kesempatan untuk bernyanyi online. Caranya tinggal masuk ke server, dengan alamat gatewayindonesia.com atau rri.gatewayindonesia.com

“Untuk anggota yang baru masuk, mereka harus mengunduh teamspeak3, dan beberapa aplikasi tambahan agar audionya dan suaranya bagus. Biasanya akan dipandu oleh teknisi kami,” tandasnya.

(int/izo/rs)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *