Rupiah Melemah, Masyarakat Indonesia Diminta Terbiasa

RADARSUKABUMI.com – Nilai tukar rupiah yang memelemah terhadap dolar Amerika Serikat membuat masyarakat Indonesia gerah. Namun, masyarakat diminta harus mulai terbiasa dengan kondisi ini.

Hal tersebut diutarakan Kepala Departemen Internasional Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir dalam Forum Merdeka Barat 9 bertema ‘Bersatu untuk Rupiah’ di Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (10/9/2018).

Bacaan Lainnya

“Ini bukan merupakan hal yang baru, tidak perlu ditakutkan. Kalau waspada iya, hanya ketakutan yang berlebihan itu tidak bagus,” katanya.

Menurut Iskandar, terlalu berlebihan jika kemudian ada pihak-pihak tertentu yang menyebut kondisi perekonomian saat ini menjadi pintu dimulainya krisis nasional.

Jika pun neraca ekonomi berjalan saat ini tengah mengalami defisit namun angka defisit masih lebih baik dibandingkan dengan tahun 2013 untuk periode yang sama.

“Dibanding tahun 2013 yang angka defisitnya mencapai minus 4,24 persen. Defisit neraca berjalan tahun ini yang mencapai minus 3,04 persen bukanlah merupakan sebuah krisis,” ujar Iskandar.

(RMOL/izo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *