Olahan Bayi Ikan Bergizi asal Sukabumi dipasarkan di Alfamart

Imelda Delfina pengembang olahan bayi ikan bergizi

Sukabumi – Baby Fish Tilapia alias bayi ikan nila yang melimpah di sentra pengembangan ikan di Cisaat Kabupaten Sukabumi rupanya menarik perhatian sosok Imelda Delfina (45) yang kebetulan juga berdomisili di wilayah tersebut.

Dari tangannya diolah lah ikan kecil itu menjadi penganan lezat dan bergizi, yang tentu saja produk olahannya memiliki nilai jual lebih baik.

Bacaan Lainnya

Berangkat dari perhatiannya untuk membantu menyerap ikan para petani di Cisaat itulah, Imelda memilih serius untuk menekuni produk olahan baby fish nya.

Keseriusannya membawa ibu tiga anak ini, berhasil memasarkan produknya ke berbagai segmen pasar termasuk juga bermitra dengan toko modern, Alfamart.

Dimulai pada medio 2012, Imelda dibantu dengan 2 orang tetangganya mulai merintis mengolah bahan baku bayi ikan yang dibelinya dari petani di sekitar rumahnya.

Cara pengolahannya pun masih sederhana, ikan dipilih sesuai ukuran, dibersihkan kemudian dimasak hingga produknya siap untuk dikemas.

Imelda menamai produknya dengan merk Happy Taste, kini terus mengembangkan usahanya. Saat ini dirinya dibantu oleh enam orang karyawannya dengan mengolah tak kurang dari 60 kilogram baby fish untuk sekali produksi.

“Sebelum pandemi covid-19, jumlah karyawan saya malah 10 orang, karena harus memenuhi order pesanan, sekarang mah seiring pandemi jadi agak menurun pesanannya, makanya berkurang jadi 6 orang saja,” tandasnya.

Keunggulan baby fish tilapia olahan Imelda, selain enak dan sehat juga memiliki nutrisi dan gizi yang bagus, “selama ini kalau kita makan ikan yang besar kan, bagian kepala ikan, tulang dan ekornya pasti tidak dikonsumsi.

Namun jika kita mengkonsumsi baby fish tilapia, semua unsur tersebut bisa langsung dimakan, jadi pemenuhan gizi akan lebih baik,“terang istri dari Tedi Fitriadi (50) ini.

Selain baby fish, Imelda juga kini sudah mengembangkan tak kurang 12 jenis produk olahan penganan yang berasal dari ikan dan sayuran yang langsung dibeli dari petani di sekitar wilayahnya.

“Saya ingin petani ikut maju, makanya, saya mah ambil dari petani sekitar sukabumi,” terangnya.

Untuk pemasaran produknya, kini Imelda telah bersyukur karena bisa menjual produk usaha rumahan ini di toko modern Alfamart, “alhamdulillah, saat ini pemasaran produknya sudah masuk ke Alfamart wilayah Sukabumi, dengan demikian produknya akan lebih mudah ditemukan oleh masyarakat,” paparnya.

#IKM #alfamart #csr #sukabumi #alfamartforall #ukmsukabumi #umkmsukabumi #umkm

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *