Karyawan XL Axiata Salurkan Bantuan Darurat di Sangatta

BANJIR SANGATTA: Karyawan XL Axiata, melalui Majlis Taklim XL Axiata (MTXL Axiata), menyalurkan bantuan darurat untuk warga korban banjir di Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Karyawan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata), melalui Majlis Taklim XL Axiata (MTXL Axiata), menyalurkan bantuan darurat untuk warga korban banjir di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur. Penyerahan kepada para warga korban di sejumlah titik lokasi banjir di Jalan APT Pranoto, Desa Singa Karti, Kecamatan Sangatta Utara, dilakukan secara langsung oleh perwakilan XL Axiata Kalimantan Timur pada Rabu (23/3).

Ketua MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya mengungkapkan, bantuan ini merupakan salah satu bagian dari Program MTXL Axiata Tanggap Bencana yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan. Bantuan ini sekaligus merupakan wujud dari kepedulian karyawan XL Axiata untuk meringankan beban masyarakat Sangatta yang sedang menghadapi bencana.

Bacaan Lainnya

“Kami turut prihatin atas musibah yang terjadi dan mengucapkan rasa simpati yang mendalam untuk para korban dan semoga mereka selalu diberikan kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi cobaan ini,” ujar Ketua MTXL Axiata, Yanuar Tirta Kumaya kepada Radar Sukabumi, Kamis (24/3).

Bantuan darurat dari karyawan XL Axiata tersebut berupa paket barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari berupa beras, roti, mie instan, gula pasir, teh, susu, sabun mandi, dan obat-obatan. Pengadaan untuk bantuan ini dihimpun dari donasi karyawan XL Axiata yang dikelola oleh MTXL Axiata.

Seluruh dana yang terkumpul melalui Program MTXL Axiata Tanggap Bencana ini disalurkan secara langsung dengan menggelar berbagai aksi sosial untuk masyarakat Indonesia di berbagai daerah. Selain disalurkan dalam bentuk bantuan darurat ke wilayah terdampak bencana, dana dari karyawan juga disalurkan dalam berbagai kegiatan sosial, seperti antara lain pembangunan dan renovasi jembatan desa, pembangunan masjid, pembangkit listrik, bedah rumah, hingga depot air isi ulang.

Banjir di Sangatta terjadi mulai tanggal 19 Maret 2022 hingga saat ini. Data dari Pemda Kabupaten Kutai Timur menyatakan sedikitnya 3.900 kepala keluarga atau sekitar 16.800 jiwa terdampak banjir ini. Selain itu tercatat setidaknya lebih dari 2.400 rumah terendam banjir dan sebanyak 1.200 warga terpaksa mengungsi di Masjid Agung Sangatta.

Jaringan XL Axiata Dipastikan Aman

Terkait layanan XL Axiata selama terjadinya banjir Sangatta ini, secara keseluruhan jaringan XL Axiata di seluruh wilayah Kabupaten Kutai TImur dalam kondisi aman. Meski ada beberapa BTS yang terdampak banjir, layanan kepada pelanggan tetap berjalan normal karena dilakukan penguatan dan rekayasa jaringan di sekitar lokasi bencana. Di seluruh kabupaten ini, layanan kepada pelanggan ditopang oleh lebih dari 180 BTS.

XL Axiata terus memantau dan memastikan saat ini layanan tetap normal di sebagian besar wilayah terdampak banjir. Tim XL Axiata berupaya keras menjaga kualitas jaringan telekomunikasi dan data di area terdampak bencana, baik dengan memastikan beroperasinya infrastruktur maupun dengan rekayasa jaringan.

Langkah-langkah antisipasi telah dijalankan oleh tim teknis XL Axiata guna menghadapi berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam di sejumlah area rawan bencana di seluruh provinsi sejak mulai meningkatnya curah hujan. Hal tersebut perlu dilakukan untuk memastikan kondisi infrastruktur jaringan, juga guna menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terlanda bencana. (*/sri)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan