Heri Gunawan : Daya Beli Terus Anjlok, Jangan Berkelit

  • Whatsapp

JAKARTA – Kinerja pemerintah dalam memperbaiki perekonomian masyarakat kembali disorot oleh Anggota Komisi XI DPR Heri Gunawan.

Politikus Gerindra itu meminta Presiden Joko Widodo dan jajaran pemerintah tak usah berkelit lagi soal melemahnya daya beli masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Daya beli terus tertekan, pemerintah tak usah berkeli,” ujar Heri kepada JPNN.com, Jumat (10/11).

Dia menyeburkan, menurut data BPS, pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2017 sebesar 5,06 persen. Namun, konsumsi rumah tangga justru turun dari 4,95 persen menjadi 4,93 persen. Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menyebut hal itu sebagai anomali daya beli.

Heri menegaskan bahwa laporan BPS itu telah mengonfirmasi daya beli masyarakat sedang tertekan. Itu terjadi sejak kuartal II-2017.

Di kuartal tersebut, pertumbuhan ekonomi tercatat sebesar 5,01 persen, lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun 2016 yang mencapai 5,18 persen.

Penurunan itu ditandai dengan tekanan pada daya beli masyarakat yang diukur dari konsumsi rumah tangga yang hanya mencapai 4,95 persen.

Di kuartal III lebih parah lagi. Konsumsi rumah tangga terjun ke angka 4,93 persen. Padahal, ekonomi tercatat tumbuh sebesar 5,06 persen.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *