Teh Hijau Bisa Turunkan Gula Darah, Silakan Coba, Ini Hasil Penelitiannya

Ilustrasi teh hijau
Ilustrasi teh hijau (Foto -Pixabay_

TEH HIJAU, ternyata bisa mengurangi tingginya kadar gula darah dapat memicu kualitas kesehatan tubuh menurun. Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan kurang teraturnya gula darah tersebut.

Gula darah sendiri yaitu tingkat glukosa di dalam darah. Konsentrasi gula darah, atau tingkat glukosa serum, diatur dengan ketat di dalam tubuh. glukosa yang dialirkan melalui darah adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh.

Bacaan Lainnya

Umumnya tingkat gula darah bertahan pada batas-batas yang sempit sepanjang hari, yaitu 4-8 mmol/l (70–150 mg/dl). Tingkat ini akan meningkat setelah makan, namun biasanya berada pada level terendah pada pagi hari sebelum makan.

Oleh karenanya, penting untuk tetap menurunkan kadar gula darah agar kesehataan tubuh terjaga dengan baik. Dalam sebuah penelitian, di antara untuk menurunkan kadar gula bisa dilakukan dengan meminum herbal berupa teh hijau.

Katekin dalam teh hijau, terutama EGCG, telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur produksi gula darah, yang keduanya dapat menurunkan kadar gula darah.

Kandungan teh hijau bermanfaat dalam membantu menurunkan kadar hemoglobin A1C, yang merupakan indikator kadar gula darah selama 2-3 bulan terakhir. Bagi penderita diabetes, tetap harus berkonsultasi dengan dokter.

Dilansir Boldsky, teh hijau dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, semisal satu cangkir per hari, dan jangan tambahkan pemanis apa pun atau madu.

Sebagai gantinya, bisa menambahkan beberapa tetes perasan lemon. Hindari menggunakan air mendidih untuk membuat minuman herbal ini. Lalu, berikan jarak waktu sebelum atau sesudah minum obat diabetes yang diresepkan dokter.

Merujuk thehealthy, berikut 3 penjelasan mengenai manfaat teh hijau terkait penurunan kadar gula darah serta meningkatkan kesehatan usus.

1. Penelitian Mengenai Teh Hijau

Penelitian terbaru menemukan jika konsumsi teh hijau bisa membantu menurunkan kadar gula darah serta menjaga kesehatan usus. Penelitian sebelumnya telah mengaitkan konsumsi teh hijau dengan peningkatan kesehatan jantung. Hal tersebut bisa terjadi karena kandungan flavonoid yang ada pada minuman tersebut serta antioksidan yang dapat menurunkan kolesterol jahat.

Pos terkait