Rahasia, ini Tanda-Tanda dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar

ilustrasi Malam Lailatul Qadar
ilustrasi Malam Lailatul Qadar

1. Malam lailatul qadar memiliki keutamaan karena merupakan saat Al-Qur’an diturunkan. Seperti yang dinyatakan dalam surat Al-Baqarah dan Al-Qadr, “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran” (Q.S Al-Baqarah: 185) dan “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (Q.S Al Qadr: 1).

2. Malam lailatul qadar memiliki keutamaan karena lebih baik daripada seribu bulan. Seperti yang dinyatakan oleh Allah SWT, “Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (Q.S Al-Qadr: 2–3). Banyak ulama percaya bahwa ibadah dan amalan baik di malam lailatul qadar akan mendapatkan pahala yang besar.

3. Malam lailatul qadar memiliki keutamaan karena dipenuhi dengan berkah. Seperti yang dinyatakan oleh Allah SWT, “Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5).

4. Malam lailatul qadar memiliki keutamaan karena merupakan malam yang penuh dengan kesejahteraan. Selain keberkahan, malam lailatul qadar juga membawa kedamaian. Seperti yang dinyatakan oleh Allah SWT dalam surat Al-Qadr, “Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr: 5)

5. Pada malam lailatul qadar, para malaikat akan turun ke bumi secara berbondong-bondong. Oleh karena itu, bagi umat muslim, dianjurkan untuk banyak berdoa. Allah SWT berfirman, “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4).

6. Pada malam lailatul qadar, dosa umat muslim akan diampuni. Allah SWT membuka pintu ampunan yang lebar bagi siapa saja yang memohon ampun. Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr dengan iman dan mengharap balasan dari Allah, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, dan.

7. Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh dengan kebaikan. Oleh karena itu, bagi umat muslim, dianjurkan untuk melaksanakan ibadah dan amalan baik dengan ikhlas dan sungguh-sungguh. Semoga kita menjadi salah satu yang mendapatkan keutamaan pada malam tersebut. ***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *