Kerjaan Numpuk Tapi Mata Ngantuk, Ini Solusinya

Cara Hindari Rasa Ngantuk saat Bekerja
Cara Hindari Rasa Ngantuk saat Bekerja-Andrea Piacquadio-Pexels

JAKARTA — Terkadang rasanya sangat sulit untuk menghindari rasa ngantuk pada saat sedang banyak kerjaan numpuk. Padahal, saat itu pekerjaan yang kita emban sedang sangat banyak sekali dan harus segera diselesaikan.

Terutama saat bekerja lembur atau melakukan tugas yang membosankan. Merasa lelah di tempat kerja adalah hal biasa, tetapi hal itu dapat mengganggu produktivitas dan kinerja.

Bacaan Lainnya

Banyak orang minum secangkir kopi setelah makan siang untuk membantu tetap terjaga di tempat kerja. Hal itu memang dapat berefek dengan baik untuk beberapa orang, tetapi hal-hal lain selain kopi dapat membantu menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

Lantas, bagaimana caranya agar Anda bisa tetap terjaga di tempat kerja?

Dilansir dari laman medicalnewstoday, berikut 5 tips untuk membantu tetap terjaga di tempat kerja jika seseorang merasa lelah dan mengantuk.

1. Minum kafein

Kafein adalah stimulan yang sangat populer dalam kopi yang membantu tubuh untuk tetap terjaga. Masalah yang dimiliki banyak orang dengan kopi adalah bahwa hal itu tampaknya menyebabkan kehancuran energi setelah efeknya hilang.

Beberapa orang memilih untuk mengganti kopi dengan minuman lain dengan lebih sedikit kafein, seperti teh hitam atau hijau, dalam kasus ini. Teh mungkin memiliki efek stimulasi yang lebih lembut, yang dapat membantu mengurangi penurunan dan puncak energi yang dialami seseorang sepanjang hari.

2. Jaga jadwal tidur yang konsisten

Kebutuhan stimulan seperti kafein mungkin karena jadwal tidur yang buruk atau pola tidur yang tidak menentu. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara 7 dan 9 jam tidur setiap malam.

Ini dapat bervariasi, tetapi mendapatkan jumlah tidur yang sama setiap malam dapat membantu tubuh menyeimbangkan tingkat energinya. Mungkin juga membantu untuk pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Memiliki jadwal yang teratur dapat membantu tubuh mendapatkan lebih banyak istirahat, yang dapat membantu pikiran tetap waspada dan aktif sepanjang hari.

3. Pergi ke luar

Ritme sirkadian tubuh yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun mengambil isyarat dari tingkat siang hari.

Mungkin membantu untuk menghabiskan waktu di luar di siang hari setiap hari ketika mencoba mengatur ulang ritme sirkadian untuk menemukan keseimbangan dalam siklus tidur.

Beberapa orang menemukan bahwa cahaya biru di pagi hari adalah yang terbaik, tetapi jika ini tidak memungkinkan, menghabiskan sedikit waktu di luar ruangan setiap hari mungkin merupakan awal yang membantu.

Pos terkait