Ini Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Jangan Sampai Kelewatan!

Waktu, tata cara, dan bacaan doa tahun
Waktu, tata cara, dan bacaan doa tahun baru islam 1444 H-Pixabay/ syaifulptak57-Pixabay/ syaifulptak57

JAKARTA — Sebentar lagi, umat muslim akan merayakan awal tahun baru 1 Muharram 1444 Hijriah. Berdasarkan keputusan SKB 3 Menteri terkait Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2022, tanggal 1 Muharram 1444 H jatuh pada Sabtu, 30 Juli 2022.

Bulan Muharram merupakan penanda di bulan pertama dalam kalender Hijriah, sekaligus salah satu bulan yang paling dimuliakan, sebagaimana disebutkan dalam firman Allah SWT dalam QS. At- Taubah ayat 36, sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

Inna ‘iddatasy-syuhụri ‘indallāhiṡnā ‘asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba’atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa’lamū annallāha ma’al-muttaqīn

“Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.” (QS. At Taubah: 36).

Untuk menyambut datangnya tahun baru Islam, ada doa khusus akhir dan awal tahun yang sangat dianjurkan untuk dibaca para kaum muslimin.

Membaca doa akhir dan awal tahun untuk menyambut datangnya datangnya Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 Hijriyah ini untuk meminta ampunan atas dosa-dosa yang lalu selama satu tahun yang telah lewat serta meminta dibukakan rahmat dan hidayah untuk tahun yang akan datang.

Adapun kamu harus berikut tata cara dan bacaannya yang wajib kamu tahu.

Waktu yang Tepat Membaca Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Islam. Cara dan waktu yang tepat untuk membaca doa ini adalah saat di akhir Bulan Zulhijjah, tepatnya setelah Asar dan menjelang waktu Magrib, kita membaca doa akhri tahun.

Kemudian, dilanjutkan dengan membaca doa awal tahun setelah salat magrib. Adapun berikut bacaan doa akhir dan awal tahun lengkap dengan artinya yang bisa kamu hafalkan.

Doa Akhir Tahun

Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya:

“Dan semoga rahmat dan salam terlimpahkan kepada junjungan kami dan tuan kami yaitu Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

“Ya Allah, laranglah apapun dari-Mu yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau bersikap penyantun kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeruku untuk bertaubat sesudah aku berani berbuat durhaka kepada -Mu, maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada Engkau, ampunilah aku.”

Doa Awal Tahun

Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu, wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi wujuudikal-mu’awwali, wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa arhamar-raahimin, wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam

Pos terkait