Manfaat Tomat Rebus Campur Madu, Auto Istri Klepek-klepek saat di Ranjang

Ilustrasi Tomat.
Ilustrasi Tomat. Foto : Ricardo/JPNN.com jpnn.com,

JAKARTA — Apakah Anda suka mengonsumsi tomat? Tomat sering diolah dalam berbagai bentuk hidangan. Mulai dari sup tomat, jus tomat, hingga tomat rebus yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena tomat mengandung zat yang dikenal dengan nama likopen.

Likopen yang merupakan salah satu zat warna dalam sayur dan buah ini juga memiliki berbagai macam fungsi, antara lain sebagai antioksidan, penangkal kanker, menjaga kesehatan kadiovaskular, mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan mata dan kulit.

Bacaan Lainnya

Menurut penelitian, per 100 gram, kandungan likopen adalah sebanyak 3.700 mikrogram pada tomat masak mentah, 6.200 mikrogram pada saus tomat dan 5.000-11.600 mikrogram pada jus tomat. Salah satu yang belum lazim adalah mengonsumsi tomat dengan cara direbus terlebih dahulu.

Menurut Samuel Oetoro, seorang dokter ahli gizi klinis, dengan merebus tomat, maka likopen yang terletak pada inti buah tomat ini akan muncul ketika tomat direbus bahkan menjadi setengah bubur. Bahkan, kandungan likopen jusru meningkat ketika diolah menjadi saus atau pasta tomat.

Cara mengolahnya yakni, siapkan tomat secukupnya, cuci bersih, kemudian rebus tomat hingga menjadi setengah bubur. Tambahkan madu atau minyak zaitun secukupnya. Tergantung selera, suka manis dengan tambahan madu atau gurih dengan minyak zaitun.

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Menjaga stamina tubuh

Mengonsumsi tomat campur madu secara rutin ataupun mengonsumsi tomat sebelum melakukan berbagai macam aktivitas, dapat digunakan ataupun dimanfaatkan untuk menjaga stamina, sehingga tidak mudah lelah.

2. Sebagai antioksidan

Kandungan likopen yang lebih banyak pada tomat rebus sangat berguna untuk tubuh, sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas untuk menjaga kesehatan jaringan dan organ. Radikal bebas merupakan limbah dari hasil metabolisme tubuh yang dianggap bisa menimbulkan kerusakan pada sel-sel. Selain itu, antioksidan juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga ketebalan dan fluiditas pada membran sel.

3. Mencegah kanker prostat

Tomat rebus sangat berguna bagi pria karena bisa mencegah kanker prostat. Pasalnya, tomat yang direbus lama bahkan menjadi setengah bubur merupakan sumber likopen yang terbaik. Likopen sendiri bisa berfungsi untuk mencegah kanker prostat. Likopen memiliki efek hipertropi pada prostat, di mana matriks senyawa fitokimia ini susah terurai apabila tomat dimakan dalam keadaan mentah.

4. Menangkal radikal bebas

Tomat campur madu memiliki kandungan antioksidan serta kandungan vitamin dan nutrisi lainnya. Sehingga, mengonsumsi tomat secara rutin dan teratur bisa dimanfaatkan untuk menangkal radikal bebas yang akan menyerang tubuh.

Pos terkait