Ini 6 Bahaya Main HP Sebelum Tidur, Kesehatan Bisa Terganggu

Hobi Main HP Sebelum Tidur
Hobi Main HP Sebelum Tidur? kenali bahayanya (Foto : Pixabay)

Hal ini disebabkan hormon di dalam tubuh secara otomatis akan memberikan dorongan untuk makan, bahkan di saat malam. Apabila kebiasaan tersebut sering dilakukan, tubuh akan menerima kandungan di luar batas yang diatur sehingga mengakibatkan obesitas.

Bacaan Lainnya

6. Stres mata

Normalnya, mata berkedip sekitar 15 kali per menit. Namun ketika dipaksa untuk fokus dan menatap sesuatu dalam waktu yang terlalu lama, terlebih menatap layar digital, mata hanya akan berkedip sekitar 5-7 kali dalam per menit.

Padahal, proses berkedip sangat dibutuhkan oleh mata, karena berfungsi untuk membersihkan partikel debu yang masuk ke mata dan melembapkan permukaan bola mata.

Terlalu lama menyetir, membaca, menulis, serta menatap layar komputer dan gadget lainnya merupakan beberapa kegiatan yang bisa menyebabkan Anda mengalami mata lelah dan berujung pada stres mata. Apalagi bila tidak didukung dengan pencahayaan yang baik.

Stres mata dapat membuat mata terasa kering, nyeri, berair, perih, panas, dan gatal, bahkan bisa membuat mata menjadi lebih sensitif terhadap cahaya atau mudah silau. Selain itu, stres mata bisa juga disertai dengan penglihatan ganda atau buram.(*)

Pos terkait