Fakta, Jus Tomat Bisa Kurangi Risiko Penyakit Kronis

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan
Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh Manusia-PublicDomainPictures-Pixabay

JAKARTAJus tomat merupakan salah satu minuman terpopuler yang menyediakan berbagai macam vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi. Tomat sendiri sangat kaya akan likopen, antioksidan yang kuat dengan manfaat kesehatan yang juga cukup mengesankan.

Namun, beberapa orang percaya bahwa jus tomat mungkin tidak sesehat tomat utuh karena kandungan natrium yang tinggi yang sudah ditemukan pada merek dagang tertentu. Lantas benarkah meminum jus tomat juga bisa mengurangi risiko penyakit kronis?

Bacaan Lainnya

Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Dilansir dari laman Heathline, dalam penelitian telah menunjukkan bahwa diet menggunakan buah tomat dan produk tomat seperti jus tomat dapat mengurangi risiko penyakit kronis tertentu.

Bahkan disebutkan juga bahwa jus tomat bisa menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Sebelumnya tomat telah lama dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Tomat memang mengandung antioksidan kuat, seperti likopen dan beta-karoten, yang membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan penumpukan lemak di arteri Anda (aterosklerosis).

Sebuah tinjauan yang melibatkan 584 orang menemukan bahwa mereka yang memiliki diet kaya tomat dan produk tomat memiliki risiko penyakit jantung yang berkurang secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang memiliki asupan tomat rendah.

Pos terkait