6 Cara Mudah Melepas Stres Setelah Bekerja, Mandi Air Panas

Intip 6 Cara Mudah Melepas Stres Setelah Bekerja Seharian Penuh, Pikiran Langsung Plong Lagi-Racool Studio-Freepik
Intip 6 Cara Mudah Melepas Stres Setelah Bekerja Seharian Penuh, Pikiran Langsung Plong Lagi-Racool Studio-Freepik

JAKARTA — Apakah Anda baru saja menyelesaikan sebuah proyek besar, melakukan percakapan yang sulit, atau mendapati diri Anda terburu-buru sepanjang minggu seolah tidak ada hari esok, inilah cara saatnya belajar bagaimana bersantai setelah bekerja.

Jam kerja bisa melelahkan secara mental dan fisik. Hal ini juga dapat menyebabkan kelelahan. Meskipun istirahat teratur untuk menghilangkan stres bermanfaat, memiliki rutinitas bersantai setelah bekerja jauh lebih baik.

Ada banyak cara untuk menghilangkan stres, namun penting untuk memilih satu (atau dua) yang efektif dan terbaik untuk Anda.

Idealnya, Anda harus menemukan hal-hal yang memungkinkan Anda untuk rileks dan mengisi ulang baterai mental Anda sebelum memulai minggu sibuk lainnya.

Dilansir dari laman Sportskeeda, berikut 6 tips menghilangkan stres setelah bekerja seharian penuh:

1. Membuat ritual pasca kerja

Sama seperti melakukan ritual sebelum tidur yang membantu anak-anak rileks dan tidur, menetapkan rutinitas pasca-kerja adalah cara yang bagus untuk membantu diri Anda melepaskan tekanan setelah seharian melelahkan di tempat kerja.

Selain itu, ini bisa menjadi teknik untuk mengembangkan kebiasaan psikologis untuk menenangkan pikiran serta melepaskan kecemasan di tempat kerja di penghujung hari yang melelahkan di tempat kerja.

2. Renungkan

Menghilangkan stres dengan meditasi setelah seharian bekerja yang melelahkan adalah teknik yang terbukti dapat mengurangi stres, meningkatkan fokus, dan meningkatkan kesejahteraan mental.

Arahkan perhatian Anda pada saat ini, tenangkan pikiran Anda, dan dorong relaksasi. Gabungkan meditasi pereda stres dengan teknik pernapasan dalam untuk lebih menurunkan kadar hormon stres.

3. Mandi air panas

Mandi air panas merupakan pereda stres terbaik dan telah digunakan selama ribuan tahun untuk menyembuhkan hampir semua kondisi.

Sempurnakan pengalaman mandi Anda dengan bom mandi yang menyenangkan bersama dengan musik perawatan diri yang membuat Anda rileks

4. Berlari

Bukan rahasia lagi bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan Anda. Saat Anda pulang kerja, kenakan perlengkapan olahraga Anda dan pergilah ke trotoar.

Berlari membuat otak Anda tetap muda, melawan rasa khawatir, dan meningkatkan suasana hati Anda. Jika Anda bukan seorang yang rajin berlari, berjalan kaki sebentar saja sudah cukup.

5. Masak

Memasak adalah pereda stres yang luar biasa. Ini tidak hanya memberikan pelepasan stres secara fisik, tetapi juga menghasilkan makanan yang lezat.

Luangkan waktu untuk menyiapkan makanan segar atau camilan (daripada mengambil sepiring sereal). Daripada mengalami koma makanan, mengonsumsi makanan sehat buatan rumah dapat membantu Anda merasa lebih rileks.6. Tarik napas

Ini adalah salah satu teknik paling sederhana dan efektif untuk menghilangkan stres selama bekerja. Pernapasan dalam meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh dan dapat dilakukan dengan dua langkah dasar.

Tarik napas perlahan melalui lubang hidung, isi paru-paru hingga terisi penuh, diikuti dengan embusan napas perlahan melalui mulut.(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *