5 Tips Cegah Asam Urat untuk Lansia, Simak juga Penyebabnya

Tanaman Herbal yang Ampuh Redakan Asam
Tanaman Herbal yang Ampuh Redakan Asam Urat--Freepik/jcomp

JAKARTAAsam urat lebih rentan dialami oleh para lansia. Diketahui, Tidak ada obat yang mampu menyembuhkannya. Akan tetapi kadar asam urat sejatinya masih dapat dikontrol. Selain dengan obat rutin, asam urat pada lansia bisa dicegah.

Dilansir dari PMJ NEWS, berikut 5 cara cegah asam urat:

Bacaan Lainnya

1. Mengatur Pola Makan

Hindari makanan yang dapat memicu terjadinya serangan asam urat, seperti daging merah, jeroan, serta makanan laut. Tak hanya itu, batasi konsumsi alkohol terutama bir, brandy, dan wiski.

2. Perbanyak Aktivitas Fisik

Salah satu penyebab asam urat pada lansia adalah gaya hidup sedenter atau tidak banyak beraktivitas. Oleh sebab itu, aktif secara fisik dapat menjadi cara mencegah penyakit asam urat.

Lakukanlah olahraga secara aktif yakni 150 menit per minggu dengan intensitas sedang. Pada intensitas sedang, seseorang akan terengah-engah apabila berusaha berbicara satu kalimat.

Selain menghindari risiko asam urat, berjalan kaki, berenang, atau bersepeda rutin mampu menurunkan risiko penyakit lainnya juga, seperti penyakit jantung dan diabetes.

3. Pertahankan Berat yang Ideal

Memiliki berat badan yang sehat, melalui konsumsi makanan yang baik serta berolahraga, akan menurunkan risiko memiliki kadar asam urat yang tinggi. Apabila Anda mengalami penurunan berat badan secara banyak dalam waktu singkat, ini dapat meningkatkan risiko serangan asam urat dalam jangka pendek.

Sebaliknya, dengan mengurangi berat badan secara bertahap dalam jangka waktu yang lebih panjang, ini dapat menjadi cara efektif untuk menurunkan risiko asam urat.

4. Tingkatkan Konsumsi Air Putih

Asam urat pada lansia dapat dicegah dengan memperbanyak konsumsi air putih per hari. Dengan catatan, tidak ada batasan konsumsi air putih dari dokter karena kondisi medis, misal penyakit ginjal.

Menjaga asupan cairan hairan akan menjaga ginjal tetap sehat dan membantu ginjal membuang asam urat dari tubuh. Rekomendasi konsumsi cairan per hari akan bergantung pada usia, berat badan, jenis kelamin, dan faktor lainnya.

5. Tangani Sleep Apnea

Menangani sleep apnea dapat menjadi salah satu cara mencegah penyakit asam urat pada lansia. Walau masih butuh penelitian lebih lanjut, beberapa bukti mengungkap bahwa mengobati sleep apnea dapat memengaruhi frekuensi serangan asam urat.

Sleep apnea merupakan suatu gangguan tidur yang menyebabkan seseorang berhenti dan kembali bernapas berulang kali dalam semalam. Penanganan sleep apnea biasanya menggunakan mesin CPAP, untuk meningkatkan konsumsi oksigen sembari tidur.

Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat

Dilansir dari alodokter, penyakit asam urat disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat pada sendi.

Pos terkait