PT Pos Indonesia Launching Layanan Same Day Service

ILUSTRASI: Pegawai PT Pos Indonesia kantor Balikpapan sedang menyusun paket untuk diantar.

RADARSUKABUMI.com – PT Pos Indonesia (Persero) meluncurkan layanan same day service di lima kota besar.

Layanan ini diluncurkan agar bisa bersaing dengan para pelaku bisnis logistik modern.

Direktur Komersial PT Pos Indonesia (Persero) Charles Sitorus menuturkan, data menunjukkan bahwa sebanyak 70 persen kiriman online dialamatkan untuk tujuan di dalam kota.

Karena si pengirim dan si penerima berada di kota yang sama, PT Pos berani menjamin bahwa barang akan sampai ke alamat tujuan pada hari itu juga. Bahkan, sampai dalam waktu 9 jam saja.

PT Pos pun meluncurkan layanan baru bernama Q9 itu serentak di Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, dan Surabaya, Senin kemarin.

Peluncuran sengaja berbarengan dengan 9.9 Super Shopping Day. Sebab, pada hari belanja seperti itu, arus pengiriman barang meningkat pesat.

“Pelanggan sebenarnya lebih suka membeli dari penjual di kotanya sendiri karena semisal ukurannya salah, penggantian jadi lebih mudah,” katanya.

Sasaran utama produk paling anyar PT Pos itu adalah para pedagang dalam jaringan (daring). Secara nasional, jumlah pedagang daring mencapai 6 juta.

“Rata-rata bisa terjadi 500 ribu pengiriman dalam sehari. Size yang besar sekali,” kata Charles.

Untuk menarik publik, PT Pos memberlakukan tarif khusus sampai Desember nanti. Kepala Regional IV DKI Jakarta Onny Hadiono melaporkan bahwa di wilayah DKI Jakarta saja ada sekitar 1.200 kurir PT Pos.

“O-rangers (layanan jemput kiriman, Red) kami sudah mendekati 500 orang. Siap pick-up service,” katanya.

Di Surabaya, PT Pos tidak hanya menyasar pedagang daring, tapi juga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Layanan ini bisa mempermudah aktivitas para pebisnis online dan UMKM,” ujar Direktur Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia Barkah Hadimoeljono.

(jpc/pojoksatu/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *