PLN Siapkan Posko Siaga Lebaran 24 Jam

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengunjungi pusat pengatur beban (P2B) Gandul untuk memastikan kesiapan infrastruktur kelistrikan jelang lebaran.

“Kesiapan pasokan listrik sangat penting, agar masyarakat bisa menikmati lebaran bersama keluarga dengan nyaman dan terang. Untuk itu kami pastikan kehandalan dan ketersediaan suplai listrik selama lebaran dalam kondisi cukup,” ungkap Arcandra).

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pengalaman selama ini, lanjutnya, beban puncak PLN pada saat Idul Fitri pada umumnya lebih rendah dibandingkan dengan beban puncak pada kondisi hari kerja dikarenakan banyaknya industri yang berhenti beroperasi (libur)

“Karena banyaknya industri dan perkantoran yang libur, biasanya memang beban puncak menurun, namun kami akan tetap pastikan suplai dan keandalan tetap terjaga,” ungkap Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah Amir Rosidin.

Diperkirakan Idul Fitri 1440 H/2019 beban puncak malam hari, pada Sistem Kelistrikan Sistem Jawa Bali mengalami penurunan sebesar 56-60%. Meski demikian PLN akan menyiapkan satuan tugas distribusi yang tersebar di seluruh wilayah. Hal ini untuk menjamin pasokan listrik dan antisipasi gangguan jaringan selama Ramadhan hingga lebaran nanti.

Untuk diketahui, PLN telah menetapkan masa siaga Lebaran dari H-15 sampai dengan H+15 dengan membentuk Posko Lebaran yang beroperasi 24 jam.

“Meski kebutuhan pasokan listrik saat Lebaran menurun, kehandalan sistem harus dijaga,” imbuh Amir.
Pada saat Lebaran nanti, lanjutnha, daya mampu netto pembangkit sistem Jawa Bali adalah sebesar 34.716 MW sementara daya mampu pasok sebesar 27.817 MW jumlah ini cukup untuk melayani beban puncak lebaran yang diperkirakan mencapai 17.179 MW. Cadangan Operasi 10.637 MW dan Reserve Margin 62%.

(rmol/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *