Tok ! Muhammadiyah Tetapkan Hari Raya Idul Fitri Tanggal 2 Mei 2022

Ilustrasi Muhammadiyah
Ilustrasi Muhammadiyah tetapkan Hari Raya Idul Fitri 2 Mei. (Tangkapan layar/YouTube Sekretariat Presiden)

JAKARTA — Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriyah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Senin, 2 Mei 2022. Mengutip situs Muhammadiyah Senin 25 April 2022, keputusan Muhammadiyah tersebut berdasarkan kajian yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid, Pimpinan Pusat (PP).

“Dengan demikian, Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 H akan jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022 M,” demikian disampaikan oleh Sekretaris PP Muhammadiyah, Agung Danarto, Senin 25 April 2022, di Kantor PP Muhammadiyah, Jalan Cik Ditiro, No 23, Kota Yogyakarta.

Bacaan Lainnya

Atas nama PP Muhammadiyah, Agung menghimbau pelaksanaan Salat Ied dan perayaan ibadah lain dapat dilakukan dengan khusyu’.

Keputusan tercantum dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H yang ditandatangani Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danart.

“Pimpinan Pusat Muhammadiyah menghimbau agar Salat Idul Fitri dan segenap rangkaiannya, seperti takbiran, pelaksanaan zakat fitrah, dan lain sebagainya dapat diselenggarakan dengan khusyu’ dan seksama,” kata Agung.

Seluruh pelaksanaan rangkaian perayaan ibadah pada Idul Fitri 1443 H, kata Agung, harus dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) covid-19. Seperti menggunakan masker dan lain sebagainya.

Kesempatan Hari Raya Idul Fitri 1443 H menurutnya harus dimanfaatkan untuk menjaga solidaritas dan memperkuat silaturahim.

Pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah seharusnya dimanfaatkan dengan bijak, yakni dengan menjalin silaturahmi di mana selama 2 tahun tidak bisa bertemu secara fisik pada momen Hari Raya Idul Fitri.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.