BERITA UTAMAPemerintah Kota Sukabumi

TMMD ke-105 Kota Sukabumi Dilaksanakan di Tegalpanjang Cikundul

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Upacara Pembukaan TNI Manunggal Masuk Desa atau TMMD ke-105 Tahun 2019 oleh Kodim 0607/Kota Sukabumi digelar di Lapangan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi pada Selasa (9/7/2019) tadi pagi. Acara ini juga sekaligus dimulainya Pencanangan Program Bhakti TNI KB Kesehatan Terpadu dengan tema “Bersama TMMD Membangun untuk Meningkatkan Kesejahterahan Masyarakat.

Wali Kota Sukabumi H Achmad Fahmi selaku inspektur upacara menyampaikan, pelaksanaan TMMD ke-105 di Kampung Tegalpanjang RW 02 Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu ini berdasarkan analisis dan permohonan masyarakat.

“Ada sekitar 34 orang masyarakat Tegalpanjagn dan sekitarnya yang menghibahkan tanahnya untuk pembangunan jalan dengan ukuran panjang 832 meter kali lebar 3 meter. Jika dihitung dengan harga tanah senilai Rp 200.000 maka dana hibah masyarakat mencapai Rp 499.200.000,” kata Wali Kota Sukabumi H Achmad Fahmi dalam sambutannya.

Ditambah, lanjut Fahmi, dana ABPD Kota Sukabumi senilai Rp 800 juta serta tanah Pemda Kota Sukabumi dengan status lahan pertanian pangan berkelanjutan atau LP2B seluas 450 meter. Ini setara dengan nilai uang sebesar Rp 450 juta.

Belum lagi bantuan dana dari ABPD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 260 juta ditambah dengan paritisipasi masyarakat berupa tenaga dalam kerjasama atau gotongroyong bersama TNI.

“Sehingga total dana mencapai lebih dari Rp 2 miliyar,” ucap Fahmi.

Fahmi mengatakan, kegiatan TMMD ke-105 dan Pencanangan Bulan Bhakti TNI KB ini terdiri dari kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik yaitu pengerasan jalan, pembuatan jalan beton, pembuatan gorong-gorong dan pembangunan tembok penahan tanah (TPT).

Sedangkan untuk kegiatan non fisik seperti penyuluhan dan pelayanan pada bidang Keluarga Berencana (KB), kesehatan, penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba, wawasan kebangsaan, siaga bencana, administrasi pendudukan dan lainnya yang dilaksanakan secara simultan selama kegiatan TMMD berlangsung pada Juli ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami harapkan seluruh elemen baik pemerintah, TNI, Polri, masyarakat serta pengusaha, institusi pendidikan dan media untuk ikut berperan aktif sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dari awal hingga selesai. Sehingga akan terjalin keharmonisan di Kota Sukabumi sebagaimana visi dan misi Kota Sukabumi, Mewujudkan Kota Sukabumi yang religius, nyaman dan sejahtera atau Kota Sukabumi Renyah,” tutur Fahmi menutup sambutannya.

(izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button