Pembanguan Pasar Lembursitu Gagal

CIKOLE– Rencana pembangunan pasar yang akan ditempatkan di terminal Lembursitu akhirnya gagal. Pasalnya, Daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) dari Kementerian Perdagangan yang muncul di Sistem informasi rencana umum pengadaan (Sirup) terlambat sehingga berdampak pada waktu proses lelang.

” Iya tidak jadi, proses lelang yang hampir menyisakan waktu sekitar 2 bulan tidak akan mencukupi,” ujar Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian (Diskop UKM-PP) Kota Sukabumi, Ayep Supriatna, saat dihubungi Radar Sukabumi, kemarin (21/10).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Ayep, Pembangunan pasar Lembursitu yang merupakan anggaran tugas pembantuan dari Kementerian Perdagangan ini sekitar Rp6 Miliar. Pihaknya tidak mau mengambil resiko karena permasalah waktu yang sangat mepet dari kementerian perdagangannya.

“Lelangnya kan harus ada Dipa dulu dari Kementerian. Pada 15 September Dipa baru keluar, lelang itu butuh waktu satu bulan setengah, kalau dari kemarin dilelangkan, mungkin pekerjaannya punya waktu selama 1 bulan, tidak mungkin untuk dilaksanakan,” jelasnya.

Meskipun tidak jadi di tahun ini, pihaknya optimis bisa dikerjakan di tahun 2019. Sebab sedang berusaha untuk meminta kembali kepada Kementerian Perdagangan agar bisa direalisasikan pada tahun anggaran 2019. “Saya usaha ke Kementerian, proposal sudah di tanda datangan pak Wali, besok saya ke Jakarta,” katanya.

Hal tersebut dipertegas oleh kepala Bagian pengadaan barang dan jasa (Bpbj) pemerintah Kota Sukabumi, Fahrurazi. Menurutnya, dalam proses lelang itu membutuhkan waktu secepatnya selama 20 hari. Sedangkan berkaitan dengan pembangunan pasar Lembursitu itu ada dua kegiatan yang dilelangkan yakni lelang kontruksinya dan konsultan pengawas.

” Nah dengan aturan yang baru ini, untuk lelang konsultan pengawas ini membutuhkan waktu selama 40 hari. Belum lelang kontruksinya 20 hari. Itu baru lelang saja belum pengerjaan kontruksinya, yang berat kontruksinya, paketnya besar lagi sekitar Rp 6 Miliar,” ujarnya.

Makanya pihaknya memprediksikan pembangunan pasar Lembursitu itu tidak akan dilelangkan pada 2018 ini. Mungkin pihak dinas juga sudah mengkaji dari segi waktu dan sampai sekarang belum ada melengkapi persiapan untuk lelang dari pihak dinas. ” Tebakan saya tidak akan jadi karena waktu tidak cukup,” pungkasnya.

 

(bal/t)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *