Nataru, Obyek Wisata Palabuhanratu Sukabumi Bakal Berlakukan Ganjil Genap, Cek Waktunya

Wisatawan Palabuhanratu Sukabumi
PENGAMANAN : Petugas kepolisian pada saat menghalau kenadaraan wisatawan menuju pantai Palabuhanratu. (FOTO : Dok Radar Sukabumi)

SUKABUMI — Menjelang libur Natal dan Tahun baru 2023, jajaran kepolisian polres Sukabumi, bakal memberlakukan ganjil genap. Hal itu dilakukan sebagai upaya¬†persiapan penanganan arus lalulintas menyambut kedatangannya wisatawan ke kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp).

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah sebelumnya melakukan pengecekan kesiapan Tol Bocimi bisa digunakan, selang beberapa hari kemudian kembali melakukan pengecekan kelayakan jalur alternatif baru Cikidang Palabuhanratu mulai dari simpang tiga Sampora keluar di Desa Cikadu.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Kapolres melakukan pemetaan untuk pengaturan arus lalulintas jalur utara terutama di jalan yang rawan terjadi kemacetan arus lalulintas, dimana pengaturan lalu lintas sepanjang jalur utara sudah dibuatkan Ploting personil dari Satlantas dan penebalan personil dari fungsi lain, serta instansi samping seperti Dishub, Pol PP, BPBD, Dinkes, dan unsur terkait lainnya.

Tidak hanya itu, pemetaan untuk mengantisipasi kemacetan arus lalulintas kembali disiapkan Kapolres Sukabumi Dedy Darmawansyah di jalur kawasan wisata Palabuhanratu, mulai dari simpang Tiga Bagbagan, Simpang Tiga Gunung Butak hingga jalan nasional Palabuhanratu menuju Cisolok.

Nantinya, kata Dedy melalui Satlantas telah menyiapkan beberapa skema cara bertindak sepanjang jalur wisata Palabuhanratu, mulai dari simpang tiga gunung butak hingga Cisolok simpang tiga Cikotok, Banten.

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah
Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah

“Kami akan menempatkan personil di titik titik rawan parkir liar dan rawan macet memberikan himbauan kepada pengemudi kendaraan agar tidak berhenti di bahu jalan tetapi parkir di tempat yang telah di tentukan,” ungkap Dedy. Minggu, (27/11).

Masih kata Dedy, pihaknyapun akan menyiapkan tim urai macet, dimana nantinya beberapa personel akan melakukan patroli mobile di sepanjang jalur wisata untuk menertibkan pengemudi kendaran yang parkir sembarangan, dan juga pengalihan arus lalin ke jalur alternatif dan penerapan satu arah juga akan dipersiapkan jika terjadi penumpukan kendaraan di jalan.

Adapun untuk rekayasa lalulintas tesebut akan dibagi beberapa waktu, kata Dedy akan mulai di berlakukan pukul 13.00 WIB -17.00 WIB dilakukan ganjil genap, ke arah jalur wisata kecuali penduduk lokal, ambulance, dan kendaraan damkar, yang selanjutnya mulai pukul 17.00 WIB-24.00 WIB akan melakukan rekayasa lalu lintas dari arah jalan Siliwangi menuju gunung butak dialihkan ke arah jalur Cimanggu PDAM.

Pos terkait