BERITA UTAMAKABUPATEN SUKABUMI

Kembangkan Ekonomi Syariah, BI Jabar Sasar Ponpes

SUKABUMI – Guna pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi syariah, Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat meresmikan BI Corner di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Masthuriyah, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi kamis (10/10).

Di Jabar sendiri, jumlah BI Corner sampai saat ini terdapat 16 unit yang tersebar di beberapa kota dan kabupaten. Namun, di Kabupaten Sukabumi ini baru peratama kalinya dihadirkan.

Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jabar, Doni P Joewono mengatakan, BI Corner ini merupakan perpustakaan yang dibuat BI untuk membantu meningkatkan minat baca masyarakat. Dalam BI Corner tersebut, tidak hanya menyediakan buku tetapi pengunjung dimanjakan dengan fasilitas ruangan yang dikemas sedemikian rupa untuk menciptakan kenyamanan.

“Program ini baru pertamakalinya di Kabupaten Sukabumi. Ini untuk mendorong minat baca masyarakat. Pada BI Corner ini, dilengkapi peralatan elektronik seperti televisi agar pengunjung betah untuk berlama-lama membaca,” kata Doni kepada Radar Sukabumi, kamis (10/10).

Dipilihnya Ponpes sebagai tempat BI Corner, diharapkan dapat meningkatkan literasi para santri. Lantaran selama ini, program tersebut hanya masuk di universitas. Tak hanya itu, dipilihnya ponpes untuk mendapatkan program tersebut, karena potensinya cukup besar.

Ke depan, pihaknya akan membangun BI Corner lainnya dibeberapa lokasi di Kabupaten Sukabumi agar bisa dimanfaatkan oleh warga terluas di Pulau Jawa dan Bali ini. “Kalau target nasional sebanyak 1.000 BI Corner. Tetapi untuk di Jabar, minimal empat sampai lima unit bisa terbangun,” ujarnya.

Adapun, sambung Doni, jumlah buku yang disediakan di perpustakaan saat ini terdapat 350 buah. Terdiri dari berbagai macam jenis dan judul. Doni berharap, dengan adanya peresmian BI Corner ini bisa mendorong pengembangan SDM Ponpes khususnya dalam ekonomi syariah dan mendukung pengembangan kemandirian ekonomi Ponpes.

“Melalui program BI Corner ini, diharapkan bisa memperkuat kapasitas sumber daya insani, khususnya untuk santri. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan seluruh civitas Ponpes Al-Masthuriyah, masyarakat dan membawa kebaikan bagi semua. Serta, dapat menjangkau masyarakat dan memenuhi kebutuhan akan informasi,” imbuhnya.

Di tempat sama, Ketua Ponpes AL-Masthuriyah, Ust. Azis Masthuro mengucapkan terima kasih kepada BI yang sudah membangun BI Corner pertama di lingkungan Ponpes Jabar. “Kami akan menjaga, melaksanakan dan memanfaatkan Bl Corner ini.

Diharapkan, dengan adanya fasilitas dari BI ini, bisa terus berkembang dengan bimbingan Pemkab Sukabumi. Sesuai dengan firman Allah SWT yakni, bacalah. Ini tentu merupakan kewajiban yang harus senantiasa dilakukan. BI sudah memberikan fasilitas yang pastinya harus dimanfaatkan sebai mungkin. Tidak hanya santri dan pengurus ponpes saja, namun juga masyarakat umum,” singkatnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono menambahkan, dengan hadirnya BI Corner ini tentunya dapat meningkatkan minat baca di Kabupaten Sukabumi. Apalagi, ruangan BI Corner dilengkapi dengan peralatan elektronik yang dapat memikat dan membuat kenyamanan bagi para pengunjung.

“Mudah-mudahan BI Corner ini bisa berkembang dan terus dikembangkan di Kabupaten Sukabumi khsusunya dilembaga pendidikan lainnya,” pungkasnya. (bam)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button