BERITA UTAMAPilkada Kabupaten Sukabumi

Hergun dan Desy All Out Turun Gunung, Niscaya Sukabumi AMAN

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Hingga detik ini belum ada hitung-hitungan politis yang dapat memprediksi siapakah yang memenangkan Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020. Sebab ketiga paslon baik Abu Bakar-Sirojudin, Adjo Sardjono-Iman Adinugraha dan Marwan Hamami-Iyos Somantri memiliki peluang yang sama untuk menang.

Kendati demikian, ada dua faktor yang dapat memengaruhi kakulator politik tersebut. Yang pertama adalah partai politik berikut jumlah kursinya dan tokoh nasional di balik kandidat tersebut.

Jika merujuk pada kedua faktor terebut, maka Adjo-Iman lah yang memenuhi kriterianya. Hal ini dijabarkan oleh Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Demokrasi Sukabumi, M Tahsin Roy.

Pada kubu AMAN (singkatan Adjo-Iman, red) didukung oleh partai Gerindra yang notabene sang pemenang pada Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Sukabumi. Gerindra adalah satu-satunya parpol yang berhasil menduduki sembilan kursi di parlemen sekaligus mengambil jatah jabatan ketua dewan.

“Faktanya adalah Gerindra pemenang pemilu dengan peroleh kursi terbanyak di Kabupaten Sukabumi,” kata Roy kepada Radarsukabumi.com, Jumat (11/9/2020).

Faktor kedua, pada kubu AMAN pula memiliki tokoh nasional yang memiliki efek luar biasa untuk elektoral. Yakni figur Heri Gunawan dan Desy Ratnasari. Keduanya adalah anggota DPR RI dari Dapil Sukabumi.

Untuk Hergun (sapaan akrab Heri Gunawan, red.) sendiri, dia adalah legislator Senayan yang memiliki suara terbanyak di Sukabumi. Selain itu, posisi dia di partai Gerindra sebagai Ketua DPP sangat menentukan dikarenakan kedekatan dengan Ketua Umum Prabowo Subianto.

“Hergun dan Desy punya basis elektoral yang kuat di Sukabumi,” ujarnya.

Roy memprediksi akan terjadi tarikan elektoral petahana yakni Marwan-Iyos yang berdampak pada jarak interval angka keterpilihan dengan penantangnya. Sehingga dia mengklaim di atas kertas Adjo-Iman berpeluang untuk bisa memenangkan kontestasi pilkada ini.

“Dengan catatan, politisi senayan seperti Hergun dan Desy Ratnasari all out turun gunung,” sebutnya.

Sejauh ini, memang masih Hergun yang aktif dalam upaya untuk memenangkan Adjo-Iman. Namun Desy dianggap sebagai senjata pamungkas yang sangat menentukan hasil akhir dikarenakan latar belakangnya sebagai artis yang memiliki paras cantik berasal Sukabumi. Jika hal ini terjadi, maka kemenangan di kubu AMAN merupakan keniscayaan.

“Nah untuk persoalan Desy yang belum menampakkan diri, itu nanti diserahkan pada mekanisme partai politik,” tukasnya. (izo/rs)

Tags
loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button