DPMD Kabupaten Sukabumi Beberkan Persiapan Pilkades Serentak 2023

Gun-Gun-Gunardi
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Gun Gun Gunardi

SUKABUMI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, mencatat sebanyak 71 desa di Kabupaten Sukabumi yang akan melakukan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tahun ini.

Hal demikian disampaikan langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Gun Gun Gunardi kepada Radar Sukabumi. Bahwa, menurutnya, dari jumlah total 381 desa di Kabupaten Sukabumi ini, terdapat 71 desa yang akan melaksanakan perhelatan Pilkades pada tahun 2023.

Bacaan Lainnya

“Rencananya Pilkades serentak tahun ini, akan diselenggarakan pada 24 September 2023 nanti,” kata Gun Gun kepada Radar Sukabumi pada Jumat (23/03).

Untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkades 2023, sambung Gun Gun, DPMD Kabupaten Sukabumi tengah melakukan berbagai upaya. Diantaranya, pada April 2023 berencana akan melakukan pembekalan aparatur kecamatan dan BPD. Setelah itu, pada Mei 2023 pembentukan panitia Pilkades tingkat desa dan panitia pengawas.

“Sementara pada Juni 2023, akan ada penyusunan dan pengajuan RAB Bankeu Pilkades. Tahapan itu dimulai jika BPD mulai memberitahukan tentang berakhir masa jabatan Kepala Desa sebelum 6 bulan jabatannya kepala desanya berakhir,” bebernya.

Untuk itu, pada laporan akhir masa jabatan dari kepala desa itu, akan diberitahukan terlebih dahulu kepada Bupati Sukabumi melalui Camat setempat. Sementara, untuk BPD hanya laporan pertanggung jawaban keuangannya saja. “Mudah-mudahan pada pelaksanaannya nanti, Pilkades ini dapat terlaksana dengan baik tanpa ada kendala apapun,” paparnya.

Ketika disinggung mengenai kendala, ia menjawab. Bahwa, pelaksanaan Pilkades 2023 di Kabupaten Sukabumi ini, waktunya akan berbarengan dengan tahapan Pemilu atau Pilkada.

Sehingga, pesta demokrasi tingkat desa ini, diyakini perhelatannya akan semakin hangat. Meski demikian, ia berharap masyarakat agar lebih dewasa dalam menyikapinya. Karena, pemerintah desa itu merupakan bagian terpenting dalam penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat.

“Kami berharap kondusifitas wilayah tetap terjaga dan terbangun. Sehingga bisa menghasilkan pemimpin kepala desa pilihan masyarakat,dan bisa mengabdikan masa hidupnya untuk kebutuhan masyarakat di daerahnya,” pungkasnya. (Den)

Pos terkait