Dorong Pelaku Usaha Lokal, Indomaret Bantu Berikan Pelatihan ke UMKM

  • Whatsapp
Foto selfi bersama Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Indomaret dan seluruh peserta pelatihan.

SUKABUMI – Puluhan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Sukabumi mendapatkan pelatihan kewirausahaan bersama PT Indomarco Prismatama (Indomaret).

Melalui kegiatan CSR, pelatihan tersebut dilaksanakan di aula kantor Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Sukabumi yang diikuti 50 pelaku UMKM se-Kabupaten Sukabumi.

Bacaan Lainnya

Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan terhadap UMKM yang diadakan oleh Indomaret.

“Alhamdulilah betul-betul kami di suport oleh Indomaret, karena kegiatan kita karena intinya banyak kegiatan pembinaan kepada para pelaku usaha terutama peningkatan sumber daya manusianya agar mereka memiliki kepribadian jiwa usaha karena tidak semua pengusaha mengerti tentang entrepreneur,” terangnya.

Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, dan Indomaret menunjukkan hasil produk lokal Kabupaten Sukabumi di acara pelatihan, Kamis (4/3/2021).

Untuk itu ia bersyukur Indomaret mau membantu memberikan pelatihan tentang bagaimana para pengusaha supaya tumbuh kewirausahaannya, memiliki jiwa kepribadian wirausaha. Tentunya ini bukan pekerjaan yang mudah.

Ia menambahkan, selain memberikan pelatihan wirausaha, peserta juga dibantu untuk memasarkan daganganya.

Salah satunya dengan menjual produknya di gerai-gerai Indomaret di Kabupaten Sukabumi.

“Harapannya dari pelatihan ini produk UMKM lebih banyak lagi yang lolos seleksi intuk bisa masuk gerai Indomaret,” imbuhnya.

Masih kata Ardriana, selama ini pemasaran dan pengemasan produk menjadi kendala tersendiri bagi pelaku UMKM di Kabupaten Sukabumi, terutama di tengah pandemi Covid-19 minat beli masyarakat sedikit menurun. Untuk itu, ia berharap melalui pelatihan manajemen ritel ini, para pelaku UMKM dan toko modern menjalin sinergitas yang baik dengan memiliki tujuan yang sama yakni berkembangnya usaha dan berkontribusi positif pada perekonomian bangsa.

Sementara itu, Branch Manager Indomaret Cabang Bogor Kristanto Indra Setyawan mengatakan, tujuan pelatihan manajemen ritel sebagai bentuk sinergi yang dilakukan terhadap pelaku UMKM dengan membantu memfasilitasi produknya agar dapat dijual di Indomaret.

Branch Manager Indomaret Cabang Bogor Kristanto Indra Setyawan memberikan cenderamata kepada Kepala DPKUKM Kabupaten Sukabumi, Ardiana Trisnawiana di acara pembukaan pelatihan kewirausahaan bersama Indomaret.

Pelatihan kali ini diikuti sedikitnya 50 pelaku usaha yang memang sudah diseleksi oleh dinas, kemudian hasil dari pelatihan ini produk peserta akan kembali diseleksi untuk bisa dipasarkan di gerai Indomaret Kabupaten Sukabumi.

“Hari ini, selain memberikan pelatihan kita juga ada seleksi produk, untuk syarat-syarat sendiri kita salah satunya produk bisa diterima oleh masyarakat salah satu contohnya dirasa enak atau tidak, kemudian di masalah packaging selain menaik juga harus aman terhadap produk, kemudian izin hal, PIRt dan lain sebagainya itu harus sudah lengkap,” ujarnya.

Ia menambahkan, Indomaret sangat konsisten untuk memfasilitasi pelaku UMKM yang selama ini banyak menemui kendala terutama di bagian pemasaran. Maka dari itu, Indomaret pun bersedia untuk melayani fasilitas tersebut.

“Harapannya para peserta yang mendapat pelatihan ini mendapat ilmu yang bermanfaat, sehingga bisa memajukan usahanya secara mandiri, kemudian Indomaret hadir bukan hanya sebagai pasar ritel modern dengan menyediakan segala kebutuhan masyarakat tetapi juga kehadirannya bisa membawa manfaat yang besar di tengah masyarakat,” pungkasnya. (wdy)

 

 

 

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *