Bulan Depan Pendaftaran CPNS Dimulai, Cek Formasinya

  • Whatsapp
SEGERA DIBUKA : Sejumlah peserta calon pegawai negeri sipil pada saat mengikuti seleksi beberapa waktu lalu.

SUKABUMI — Tepatnya bulan April depan, pendaftaran CPNS 2021 dibuka. Sekitar 1,3 juta formasi CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) disediakan pemerintah. Berdasarkan informasi yang dihimpun, untuk formasi jabatan yang akan diterima pada seleksi CPNS kali ini akan diumumkan pada bulan Maret ini.

Formasi itu juga termasuk untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), yang nantinya akan menempati berbagai instansi baik di pemerintahan pusat maupun daerah.

Bacaan Lainnya

Untuk komposisinya, terbanyak ialah formasi guru dengan jumlah kuota sebanyak 1 juta orang, yang akan direkrut lewat jalur PPPK/P3K. Diikuti formasi untuk tenaga kesehatan (nakes) di komposisi paling banyak urutan kedua dan jabatan fungsional tenaga teknis lainnya.

Sebanyak 1 juta guru PPPK melalui skema yang menjadi program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pelamar formasi guru lewat jalur PPPK diwajibkan terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dapodik Kemendikbud).

Untuk pemda (di luar guru) ditentukan sebesar sekitar 189 ribu yang terdiri atas Sebanyak 70 ribu PPPK jabatan fungsional (selain guru). kemudian, sebanyak 119 ribu CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan (termasuk tenaga kesehatan). Adapun untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sebesar sekitar 83 ribu dengan persantase 50 persen PPPK dan 50 persen CPNS.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Sukabumi, Wasria membenarkan jika rencananya pada Maret mendatang bakal diumumkan formasi bagus masing-masing daerah terkait CPNS 2021.

“Betul, beberapa hari lalu kami sudah rapat dengan Mendikbud, MenpanRB terkait persiapan CPNS 2021 ini, rencananya pengumuman formasi Maret dan pendaftaran pada April mendatang,” jelasnya kepada Radar Sukabumi saat dihubungi, Minggu (14/3/2021).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *