2.100 Nakes Siap Divaksin, Awal Tahun Vaksinasi Covid-19 Sudah Dimulai

  • Whatsapp
GARDA TERDEPAN: Tegana kesehatan dan polisi termasuk TNI saat menjalankan tugas menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik Covid-19.

SUKABUMI – Pemerintah Kota Sukabumi sudah siap melakukan vaksinasi Covid-19, sesuai rencana pemerintah pusat yang akan dimulai pada Januari 2021 mendatang. Dalam menunjang program vaksinasi tersebut, berbagai kesiapan pemerintah Kota Sukabumi sudah dilakukan. Mulai dari pendataan, pendanaan, hingga kesiapan tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dr Rita Fitrianingsih mengatakan, sesuai dengan arahan pemerintah pusat, pihaknya sudah melakukan kesiapan untuk vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi. Bahkan, pihaknya sudah melakukan pendataan sasaran yang akan divaksinasi.

“Ada sebanyak 7000 orang yang menjadi sasaran priorotas pada tahap pertama, yang dilaksanakan nanti di awal tahun,” ujarnya.

Tahap pertama yang akan divaksinasi kata Rita yakni Tenaga Kesehatan (Nakes), Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri. Mereka itu diharapkan akan memberikan perlindungan kepada masyarakat yang ada diwilayah sekitarnya. Mereka garda terdepan dalam pelayanan publik, sehinga diprioritaskan,” ungkapnya.

Sedangkan untuk usianya sendiri, sasarannya antara 18-59 tahun. Hal tersebut berdasarkan kajian epidemiologi untuk mengurangi terjadinya klaster di rumah tangga, dimana pada usia tersebut, mobilitas tinggi dan berisiko membawa penyakit (covid) ke dalam rumah.

Sedangkan untuk nakes yang akan melakukan vaksinasi, sebanyak 2100 orang. Mereka sudah dibekali pelatihan. “Pelaksanaannya sendiri akan dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah maupun swasta yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan,” jelas Rita.

Sementara itu, untuk pendanaannya akan dibiayai oleh pemerintah pusat. Hanya saja, Kota dan Kabupaten se- Indonesia menyiapkan anggaran untuk operasional dan sosialisasi. “Anggaranya sekarang masih dipilah, sambil menunggu arahan dari pusat,” pungkasnya. (bal)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *