DLH Kabupaten Sukabumi Akan Kelola Alun-Alun Laut Gadobangkong untuk Optimalisasi Ruang Terbuka Hijau

Alun alun Gadobangkong Palabuhanratu Sukabumi
Alun alun Laut Gadobangkong jalan Kidang Kencana, Kelurahan/ kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi

PALABUHANRATU – Setelah resmi diserahkan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Alun-Alun Laut Gadobangkong yang berlokasi di Jalan Kidang Kencana, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, akan dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi.

Kepala DLH Kabupaten Sukabumi, Prasetyo, mengungkapkan bahwa pengelolaan ini sejalan dengan fokus utama DLH, yaitu pemanfaatan dan pengelolaan ruang terbuka hijau (RTH) serta keanekaragaman hayati.

Bacaan Lainnya

“Pengelolaan ruang terbuka hijau memang sebaiknya berada di bawah tanggung jawab kami,” ujar Prasetyo.

“Alhamdulillah, dengan adanya kebijakan ini, kami diarahkan untuk mengoptimalkan ruang terbuka hijau, terutama dengan penanaman tanaman-tanaman hayati,” imbuhnya

Sebelumnya, kata Prasetyo kebijakan pembangunan sarana dan prasarana Alun-Alun Laut Gadobangkong memang berada di bawah kewenangan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim). Namun, kini pengelolaan ruang terbuka hijau di kawasan tersebut akan dikelola sepenuhnya oleh DLH. Prasetyo juga menyoroti pentingnya peran ruang terbuka hijau dalam menghadapi perubahan iklim.

“Saat ini, kita menghadapi perubahan iklim yang cukup parah. Kami berharap seluruh ruang terbuka hijau di Sukabumi bisa ditanami pohon-pohon yang mampu menyerap CO² dan menghasilkan oksigen, sehingga menciptakan lingkungan yang lebih sejuk dan nyaman bagi masyarakat,” jelasnya.

Prasetyo menambahkan bahwa DLH berencana menanam pohon-pohon yang tidak hanya fungsional dalam menyerap polusi, tetapi juga yang memiliki keindahan visual.

“Kami ingin menanam pohon-pohon yang tidak hanya memberikan kesejukan, tetapi juga indah dipandang, seperti pohon yang berbunga, untuk mempercantik lokasi wisata dan ruang terbuka hijau lainnya,” terangnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, lanjut Prasetyo, DLH akan melibatkan tenaga ahli dan konsultan untuk merancang konsep tata ruang yang estetis dan fungsional.

“Kami akan memanggil tenaga ahli yang berpengalaman untuk membuat perencanaan dan desain yang indah. Dengan demikian, perubahan yang dilakukan bisa memberikan manfaat secara ekologis dan estetika,” kata Prasetyo.

“Dengan pengelolaan ini, kami DLH Kabupaten Sukabumi optimis Alun-Alun Laut Gadobangkong akan menjadi ruang terbuka hijau yang optimal, sejuk, dan indah, serta mampu berkontribusi dalam mengurangi dampak perubahan iklim,” tandasnya. (Ndi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *