3 Mega Proyek Sukabumi yang Jalan Ditempat, Mulai Dari Bukit Algoritma, Bandara Cikembar Hingga Double Track

Ground breaking Bukit Algoritma Silicon Valley of Indonesia di Kecamatan Cikidang,
SEGERA DIMULAI: Ground breaking Bukit Algoritma Silicon Valley of Indonesia di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Rabu (9/6/2021).(Foto : Dok Radar Sukabumi)

SUKABUMI — Rencana Mega Proyek di Kabupaten Sukabumi cukup banyak, bahkan presiden Jokowi pada awal-awal Priode kedua sesumbar bahwa Sukabumi akan lebih maju dengan beberapa Mega Proyek yang ada.

Mulai dari Proyek Silicon Valley atau yang dikenal Bukit Algoritma, Bandara Cikembar Sukabumi hingga Double Track Kereta Sukabumi-Bogor dan mega proyek lainnya yang belum terlihat perkembangannya sampai saat ini.

Meski salah satu Mega proyek jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) masih sedang dikerjakan, namun dalam proses pengerjaanya mengalami beberapa kendala hingga jalan Tol Bocimi seksi II Cigombong-Cibadak molor dari target awal, akan beroperasi pada akhir tahun 2022. Namun, belakangan tersiar kabar Tol Bocimi Seksi II ini, akan Beroperasi pada bulan maret atau pada masa mudik lebaran tiba.

Nah, mega proyek mana saja yang mengalami jalan ditempat di Sukabumi, berikut 3 mega proyek yang jalan ditempat berdasarkan catatan Radarsukabumi.com, itu terlihat dari proses pembangunan yang hingga kini belum ada perkembangan dan kelanjutan pembangunan mega proyek tersebut.

1. Bukit Algoritma Cikidang

Hingga kini, Pembangunan Silicon Valley ala Indonesia yaitu Bukit Algoritma yang berada di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi masih belum jelas perkembangan pembangunannya. Bahkan, mega proyek yang diketahui sudah secara resmi dimulai pada Rabu (09/06/2022) tersebut belum terlihat adanya kemajuan pembangunan.

Tanda seremoni groundbreaking atau peletakan batu pertama, benar-benar kegiatan seremoni. Padahal groundbreaking tersebut diumumkan kepada sejumlah media nasional dan lokal. Namun, sampai saat ini Proyeknya masih jalan ditempat.

Proyek yang digagas aktivis Budiman Sudjatmiko dan akan dikerjakan PT Amarta Karya (Persero) atau AMKA, tersebut tidak terlihat tand-tanda pembangunan setelah kegiatan groundbreaking.

Rencana pembangunan, infrastruktur untuk melengkapi Bukit Algoritma seperti akses jalan raya, fasilitas air bersih, pembangkit tenaga listrik, gedung konvensi, dan fasilitas lainnya, hanya isapan jempol belaka. Padahal mega proyek ini digadang-gadang akan menjadi awal pembangunan pengembangan teknologi dan industri 4.0.

Kapan proyek ini akan kembali berjalan, hanya Budiman Sudjatmiko yang mengetahuinya.

2. Bandara Cikembar Sukabumi

Rencana proyek pembangunan bandar udara (Bandara) Sukabumi, tepatnya di wilayah Kecamatan Cikembar, dipastikan molor dan tidak ada kejelasan pasti. Awal-awal pembangunan bandara ini akan dilakukan pada 2019 tahu lalu. Kemudian mundur ke tahun berikutnya. Kabar Terkahir, pembangunan akan dilakukan pada tahun ini 2023, dengan catatan prosesnya berjalan lancar.

Pos terkait