Tantangan PKL di Masa New Normal, UBSI Sukabumi Siapkan Strategi SIPADU

SUKABUMI – Ada banyak tantangan saat menjalani masa kenormalan baru atau era new normal di masa Pandemi Covid-19. Khususnya bagi para perguruan tinggi.

Banyak perubahan baru yang harus dihadapi para mahasiswa mulai dari perubahan belajar hingga masa Praktik Kerja Lapangan (PKL). Seperti diketahui program PKL menjadi hal yang wajib dilaksanakan mahasiswa semester akhir sebagai salah satu syarat keluluan di kampusnya.

Bacaan Lainnya

Namun, di tengah masa Pandemi ini, semuanya menjadi berubah termasuk adanya himbauan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dimana segala aktivitas menjadi serba terbatas.

Menghadapi itu, Kampus Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Sukabumi memiliki solusinya, salah satunya melalui program Sistem Praktik Kerja Terpadu (SIPADU). Program ini dikhususakan bagi mahasiswa program Studi Sistem Informasi (SI).

Program SIPADU dibuat untuk menjawab tantangan pelaksanaan PKL di era new normal saat ini. Program SIPADU dipaparkan oleh Ketua Program Studi Sistem Infomasi Kampus Universitas Bina Sarana Informatika Sukabumi Agung Wibowo kepada seluruh mahasiswa peserta PKL melalui aplikasi video konferensi secara daring, Jumat (21/8/2020).

” SIPADU memberikan alternatif solusi tempat pelaksanaan PKL berskala nasional karena Universitas Bina Sarana Informatika telah bekerja sama dengan IKADIN Pusat dan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) untuk Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB),” tuturnya.

Program SUIPADU pun sudah mendapat persetujuan dari Rektor Universitas Bina Sarana Informatika Moch. Wahyudi melalui surat edaran tentang pelaksanaan kegiatan Praktik Kerja Lapangan.

Adapun kerjasama yang dibuat bersama IKADIN menjadi wadah dan payung bagi seluruh mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) untuk dapat bergabung melaksanakan PKL atau bahkan bergabung dengan perusahaan swasta dan UMKM dibawah binaan IKADIN. PMMB FCHI merupakan wadah yang memfasilitasi mahasiswa UBSI untuk magang di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui proses seleksi nasional.

“Program ini (SIPADU) mampu menjawab pertanyaan kegaluan mahasiswa terkait pelaksanaan PKL ” ujar Staf Program studi Sistem Informasi UBSI Kampus Sukabumi, Desi Susilawati

Dijelaskan Desi yang juga merangkap sebagai moderator diacara Webinar kegiatan SIPADU tersebut, Praktek Kerja Lapangan (PKL) bertujuan untuk memperkenalkan mahasiswa pada dunia usaha.

Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional yang diperlukan mahasiswa untuk memasuki dunia usaha. Meluaskan wawasan dan Pandangan mahasiswa terhadap jenis-jenis pekerjaan.

Hambatan dan tantangan pelaksanaan PKL di masa pandemi yang sudah mulai masuk ke tahap adaptasi kebiasaan baru yang lebih tenar dengan sebutan new normal bertambah.

Namun, hambatan umum mahasiswa saat melaksanakan PKL diantaranya kesulitan beradaptasi atau berkomunikasi dengan lingkungan baru ditambah dengan banyaknya perusahaan yang membatasi aktivitas di tempat kerja, prosedur penerimaan barang dan orang yang diperketat diperketat.

Untuk itu, Program SIPADU ini sangat cocok dan membantu bagi mahasiswa yang akan atau sedang menjalani PKL di masa new normal ini.

“UBSI Sukabumi selalu memberikan kemudahan dan terus memberikan inovasi program terbagi bagi mahasiswanya. Ini menjadi salah satu bukti bahawa UBSI Sukabumi berkomitmen dan terus mendukung mahasiswanya,” pungkas Desi. (wdy)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *