Cemas Baca Berita Corona, Ini 4 Cara Mengatasinya

RADARSUKABUMI.com – Membaca berita tentang pandemi corona berpengaruh terhadap kesehatan mental hingga meningkatkan rasa cemas. Terlebih, setiap harinya jumlah pasien yang dinyatakan positif corona maupun meninggal terus bertambah.

Cara mengatasi rasa cemas akibat baca berita coronavirus

Bacaan Lainnya

Maka itu, agar tidak terlalu merasa cemas hingga tubuh dan pikiran tidak sehat, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola perasaan ini.

1. Beristirahat dari kegiatan membaca berita

Salah satu cara agar berita tentang coronavirus tidak terlalu berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang adalah dengan memberi jeda kepada diri sendiri.

Bagi sebagian orang, perasaan putus asa, marah, khawatir, dan tidak berdaya bisa semakin kuat jika terus-menerus terpapar kelanjutan berita-berita yang menegangkan. Hal tersebut bisa menghambat produktivitas seseorang.

Berhenti sementara waktu dari mengecek berita dan media sosial tidak akan membuat sesuatu peristiwa buruk atau baik terjadi.

Perlu waktu untuk menghimpun semua fakta dalam sebuah peristiwa, jadi ada baiknya untuk menunggu beberapa saat. Membaca atau menonton laporan yang hanya menginformasikan setengah kebenaran dan spekulasi dapat meningkatkan kemungkinan perasaan kecemasan.

Beristirahatlah dari membaca berita yang membuat Anda khawatir setidaknya untuk sementara waktu.

Direktur American Psychological Association (APA), Katherine Nordal, Ph.D., mengingatkan pentingnya istirahat dari berita dan beralih ke siklus kegiatan lain.

“Cukupkan membaca dan dapatkan informasi, kemudian rencanakan kegiatan lain yang bisa membuat anda menjauh dari berita yang membuat anda cemas,” kata Nordal seperti dikutip dari situs APA.

Saat beristirahat dari membaca berita cobalah untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan positif. Seperti membaca buku, mendengarkan musik, meditasi, olahraga, dan berkumpul dengan keluarga dan kawan.

APA mengamati bahwa beberapa orang teman dekat dapat membantu seseorang merasa terhubung dan memberi kekuatan. Ikatan sosial mereka secara tidak langsung juga dapat memperkuat kekebalan tubuh.

Setidaknya teman yang berpikiran sehat dapat mendorong perilaku kesehatan yang baik seperti makan, tidur, dan berolahraga dengan baik.

Dengan begitu, Anda dapat mengelola stres dan perasaan cemas setiap kali membaca berita coronavirus agar tidak berpengaruh pada kesehatan mental.

2. Fokus terhadap upaya pencegahan

Selain memberi jeda pada diri sendiri, fokus terhadap upaya pencegahan juga perlu agar berita coronavirus tidak berdampak pada kesehatan mental Anda.

Salah satunya dengan menjalankan hidup sehat yang disarankan untuk terhindar dari virus. Ini adalah poin yang jelas untuk dikemukakan tetapi sering diabaikan ketika kita cemas.

Misalnya Anda bisa mencoba untuk terbiasa menerapkan cara mencuci tangan yang benar, minum banyak air, makan sehat, konsumsi vitamin C, cukup istirahat, dan menjaga kebersihan pribadi semuanya membantu menjaga kesehatan fisik mengurangi stres.

Selain itu, coba sibukkan diri dengan berolahraga. Anxiety and Depression Association of America (ADAA) menjelaskan kegiatan olahraga dapat meningkatkan kondisi fisik dan membantu memerangi penyakit.

Selain bisa membantu beristirahat dari berita dan media sosial, berolahraga juga bisa membantu mengurangi kecemasan. Olahraga juga penting untuk menjaga kebugaran mental, efektif mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, dan konsentrasi.

3. Mencari berita positif

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *