Prodi Teknik Sipil UMMI Ajak Kolaborasi Prodi Teknik Sipil UMY Soal Hasil Riset Aplikasi Penilaian Kinerja Sistem Irigasi di UPTD Cibadak

Tim PKM bersama juru irigasi setiap DI di wilayah Cibadak.
Tim PKM bersama juru irigasi setiap DI di wilayah Cibadak.

SUKABUMI – Program Studi (Prodi) Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) bekerjasama dengan Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menggelar Workshop dan Simulasi Aplikasi Penilaian Kinerja Irigasi yang dilaksanakan selama dua hari yakni Senin dan Selasa (13-14/3/2023) di kantor UPTD Cibadak.

Sementara kegiatan simulasi dilaksanakan di lapangan di Bendung Cisekar Wangi.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) beserta jajarannya, dosen dan mahasiswa Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dan Prodi Teknik Sipil UMY.

Kegiatan yang digelar dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) tersebut mendapat respon positif dari Kabid SDA, Adi Setiadi, ST. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menghimpun data untuk keperluan OP di UPTD Cibadak, dan Mengetahui performa aplikasi penilaian kinerja sistem irigasi dalam upaya efektivitas perencanaan kegiatan OP Irigasi.

Acara pengabdian pada hari ke-1 terdiri dari dua materi. Materi pertama disampaikan oleh Tahadjuddin, S.T., Sp. yang menyamaikan tentang Workshop dan Simulasi Penilaian Kinerja Irigasi, Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Asril Adi Sunarto, M.Kom terkait penjelasan penggunaan aplikasi di web.

Kemudian pada hari ke-2 Simulasi Lapangan menggunakan Aplikasi Penilaian Kinerja Sistem Irigasi di Bendung Cisekar Wangi Bersama para juru di setiap DI yang berada di kewenangan UPTD Cibadak untuk mempraktikan penggunaan aplikasi di lapangan.

Simuli aplikasi–para tim PKM dan juru sedang mencoba aplikasi Penilaian Kinerja Sistem Irigasi melalui kegiatan ini seluruh peserta berpendapat pengabdian masyarakat ini sangat bagus, bermanfaat, dan baik untuk diaplikasikan. (adv/wdy)

Pos terkait