Masuk Nusakambangan, 52 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi Studi Lapangan

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi

CILACAP – Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sukabumi (FH UMMI) melakukan studi lapangan ke Lapas Nusakambangan (28/6/2022).

Pantauan Radar Sukabumi, sebanyak 52 Mahasiswa FH UMMI diberangkatkan untuk melakukan studi lapangan ke salah satu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Nusakambangan, Cilacap, Jawa tengah.

Bacaan Lainnya

“Dalam kesempatan ini kami bersama 52 mahasiswa, lima dosen pendamping dan dua staf kami berkunjung ke salah satu lapas tertua yang dibangun tahun 1908 di Nusakambangan yaitu Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan,” ungkap Dekan FH UMMI, Ujuh Juhana melalui keterangan resminya, Kamis (7/7/2022).

Selain itu, Ujuh juga menjelaskan bahwa kegiatan studi lapangan ke lapas ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang bagaimana praktik pemasyarakatan warga binaan di lapas.

Disana, mahasiswa dapat mewawancara langsung dengan warga binaan, baik warga binaan yang berasal dari dalam atau luar negeri yang tersangkut hukum di Indonesia.

Tentunya hal ini dapat membantu pembentukan kualitas sarjana yang dapat dikatakan akan berimbas langsung dengan kemajuan Indonesia.

Selain melakukan kunjungan studi lapangan ke Nusakambangan, FH UMMI melanjutkan kunjungan studi banding sekaligus melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Purwokerto (FH UMP).

MoU ditandatangani secara resmi Soediro selaku Dekan FH UMP dan Ujuh Juhana selaku Dekan FH UMMI.

Dalam pesannya, kedua dekan tersebut menjelaskan bahwa penandatanganan MoU ini adalah sebagai bentuk kolaborasi kerjasama dalam perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian.

“Kedepannya Program FH UMMI berencana melaksanakan kerjasama meliputi akademik dan kemahasiswaan, exchange lecture, penelitian, pengabdian masyarakat, publikasi, dan kerja sama lain yang disepakati bersama UMP,” pungkasnya. (*/sri)

Pos terkait