Jika Argentina Juara Piala Dunia, Bisa Samarkan Derita Warganya Imbas Inflasi

Para penggemar Argentina
Para penggemar Argentina melakukan selebrasi atas kemenangan timnya setelah laga semifinal Piala Dunia 2022 antara Argentina melawan Kroasia dengan memadati seputaran Obelisk, Buenos Aires. (13/12/2022). ANTARA/AFP/Emiliano LASALVIA

Sebagian besar dari para fan itu tak mampu membeli tiket ke Qatar karena hidup di negara di mana rata-rata gaji rakyatnya sekitar 66.500 peso, atau kurang lebih enam juta rupiah.

Bacaan Lainnya

“Masyarakat paham betul masalahnya” tapi sepak bola dan situasi ekonomi “berada di jalur paralel, mereka tidak bertemu,” kata Lucrecia Presdiger (38), seorang tenaga medis rumah sakit kepada AFP setelah kemenangan Argentina pada laga perempatfinal melawan Belanda.

“Banyak orang membutuhkan sukacita ini dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Tapi mereka tahu ini hanyalah sepak bola, mereka sangat paham dari masalahnya,” kata Presdiger, seraya menambahkan: “Anda tidak boleh menganggap mereka bodoh.”

Bagi Tony Molfese yang seorang desainer, kemenangan Argentina akan membawa kelegaan, angin segar, sukacita, bahkan untuk sementara. “Dan kami layak mendapatkannya,” kata dia.

Olmos membandingkannya dengan kesuksesan pertama Argentina di Piala Dunia pada 1978, ketika negaranya dipimpin oleh seorang diktator militer.

“Kami berada di bawah kediktatoran, dipersekusi, kami tidak tahu apa yang akan terjadi besok, tapi Argentina menjadi juara dan kami keluar untuk merayakannya di jalan-jalan,” ingat dia.

“Dan kemudian kami kembali ke realitas, yang tiada hentinya.”(*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *