Jokowi Tahbiskan Papua jadi Provinsi Olahraga, Ini Alasannya

  • Whatsapp
Papua
Ilustrasi Kompleks Olahraga Kampung Harapan di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. (Antara)

JAKARTA — Pekan Olahraga Nasional (PON) XX menjadi momentum penting buat Papua. Provonsi ini dinobatkan sebagai provinsi olahraga. Tak hanya mengembangkan bakat anak-anak muda Papua, tapi atlet dari daerah lain juga bisa berlatih di Papua dengan memanfaatkan venue PON.

“Venue itu didedikasikan untuk putra-putri terbaik Papua. Nanti bisa didatangkan pula atlet-atlet dari luar Papua agar bisa ikut berlatih,” ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Selasa (5/10).

Bacaan Lainnya

Muhadjir menyebut, beberapa venue PON yang berstandar internasional. Seperti Stadion Lukas Enembe yang jadi arena pembukaan PON. Stadion ini disebut oleh Presiden Joko Widodo sebagai stadion terbaik se-Asia Pasifik.

Juga ada arena motocross internasional, stadion sepak bola putri Merauke, dan arena sepatu roda. Selain itu, di Mimika ada sport complex yang megah dengan venue bola basket, bulu tangkis, bola voli, dan panjat tebing, serta asrama atlet, lalu arena biliar 12 meja, serta stadion berkapasitas 3.500 penonton.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *