Gemar Bermain Gadget Bisa Ciptakan 4 Pengaruh Buruk untuk Kesehatan Mata

  • Whatsapp

RADARSUKABUMI.com – Gawai atau gadget seakan sudah menjelma menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat zaman sekarang. Seringkali, bahkan tanpa disadari, Anda sudah menggunakan gawai selama lebih dari 4 jam dalam sehari, atau mungkin lebih lama lagi dari itu.

Untuk menghadapi hal itu, Anda dituntut untuk terus waspada dan berhati-hati. Pasalnya, penggunaan gadget secara berlebihan berhubungan erat dengan kerusakan mata atau penglihatan.

Oleh sebab itu, ketahui bahaya, tips, serta mencegah kesehatan mata rusak akibat main gadget lewat uraian berikut ini.

Bahaya Pengaruh Gawai Bagi Kesehatan Mata

Perlu diketahui, kebiasaan menggunakan gawai dalam waktu lama dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap kesehatan mata. Berikut adalah bahaya kesehatan yang dapat merusak kesehatan mata akibat pakai gadget terlalu sering.

1. Sindrom Mata Kering

Sindrom mata kering menujukkan adanya gangguan pada sistem produksi maupun distribusi air mata. Di mana gangguan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam penyakit (multifaktorial).

Kondisi mata kering juga bisa menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata dan menyebabkan pandangan menjadi buram.

Jika dibiarkan, mata kering bisa berujung pada kerusakan lapisan kornea mata secara permanen.

Keluhan atau gejala yang sering terjadi pada kasus mata kering adalah sebagai berikut:

  • Rasa perih dan kekeringan pada mata.
  • Terasa seperti ada benda asing atau sensasi permukaan mata berpasir.
  • Mata merah.
  • Sering berair.
  • Iritasi mata.
  • Mata silau.
  • Penglihatan sedikit terganggu.

Penggunaan gadget secara berlebihan diketahui berkaitan dengan sindrom mata kering akibat frekuensi berkedip yang otomatis berkurang.

Padahal, kedipan mata sangat berperan dalam menyebarkan air mata yang diproduksi oleh kelenjar di mata dan untuk membasahi permukaan mata.

2. Rabun Jauh (miopia)

Miopia atau rabun jauh, merupakan kondisi penglihatan yang buram saat melihat benda-benda yang berjarak jauh. Meski begitu, mata tetap mampu melihat jelas benda yang berada di jarak dekat.

Beberapa penelitian terbaru menemukan, aktivitas melihat jarak dekat yang berlebihan (extensive near work), menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rabun jauh.

Keadaan tersebut seringkali disebabkan karena penggunaan handphone atau gadget. Di mana Anda beraktivitas melihat layar gawai dengan jarak cukup dekat dan dalam waktu lama.

3. Mata lelah

Saat mata terasa lelah, tegang, serta pandangan menjadi kabur setelah bekerja dalam waktu yang lama, maka kemungkinan besar Anda sedang mengalami astenopia.

Astenopia atau eye strain adalah kondisi yang terjadi ketika mata mengalami kelelahan setelah beraktivitas secara berlebihan. Melihat gadget terlalu lama juga sering dikaitkan dengan terjadinya kondisi ini.

4. Degenerasi sel retina (Age Related Macular Degeneration)

Penelitian terbaru mengaitkan risiko penyakit kerusakan sel retina (ARMD) bisa muncul dengan cepat akibat menggunakan gawai secara berlebihan.

Kondisi tersebut disebabkan oleh sinar biru yang dipancarkan oleh layar gadget, yang ketika diteliti secara in vitro, ternyata dapat merusak sel-sel makula yang ada di retina.

Meski masih butuh penelitian lanjutan, hasil studi tersebut semestinya harus diwaspadai dan dihindari risikonya.(klikdokter)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *