Peduli Lansia, Pemkot Sukabumi Siapkan Fasilitas Penunjang

oleh -1 views
Sejumlah lansia saat menerima kaca mata yang diberikan Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi pada puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-23 tingkat Kota Sukabumi.

KOTA SUKABUMI – Puncak peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-23 tingkat Kota Sukabumi yang digelar di Kantor Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, berlangsung meriah, Selasa (17/12).

Kegiatan yang juga sebagai rangkaian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 itu dihadiri Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, Ketua TP PKK Kota Sukabumi, Fitri Hayati Fahmi, dr Rita Fitrianingsih bersama jajaran, para kepala Puskesmas dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menegaskan, Pemerintah Daerah akan terus berkomitmen dalam mempertahankan dan menjaga Kota Sukabumi sebagai kota ramah lansia.

Hal itu dengan didorong berbagai faktor pendukung, seperti fasilitas dan keberpihakan terhadap para lansia. “Misalnya dari sisi antrian layanan publik harus memiliki tempat tersendiri dalam rangka memuliakan para lansia. Hal ini sejalan dengan salah satu pesan dalam Alquran dalam memuliakan orangtua,” ujar Fahmi.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen menjadikan Sukabumi jadi kota ramah lansia dengan berbagai infrastruktur dan suprastruktur. Langkah ini agar kota ramah lansia betul-betul dipertahankan dan dijaga karena layanan pada lansia dengan adanya perbaikan dan peningkatan layanan dengan kolaborasi bersama elemen lainnya.

”Mari sama-sama membangun infrastruktur dan suprastruktur dalam penghormatan terhadap lansia. Misalnya penataan Lapang Merdeka dan Alun-Alun Sukabumi akan dibangun pada 2020 salah satunya untuk kenyamanan para lansia,” terangnya.

Selain itu dibangun Kelurahan Sport Center di setiap kelurahan akan dibangun sarana olahraga, ada juga pojok literasi dan mushola supaya warga sehat jasmani dan rohani. Peningkatan sarana ini dalam rangka meningkatkan kebahagiaan ibunda dan ayahanda para lansia.

”Salah satu indikator pembangunan bidang kesehatan berhasil yakni angka harapan hidup semakin tinggi dan semakin banyak jumlah lansia,” tambahnya.

Menurut Fahmi, para lansia ini tidak hanya memperpanjang usia harapan hidup, namun bagaimana para lansia dengan intervensi program kesehatan mampu terberdayakan. Khususnya sesuai tema hari lanjut usia tahun ini yakni lanjut usia di Kota Sukabumi mandiri, sejahtera dan bermartabat.

Untuk mewujudkannya bukan hanya tugas Dinkes akan tetapi lintas sektoral. Selama ini pemda melalui dinkes telah melakukan berbagai upaya dalam pelayanan lansia seperti memperkuat posbindu, pemeriksaan kesehatan, penambahan fasilitas kepada para lansia yakni prasarana dan sarana dalam mempermudah akses layanan. (cr1/t)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *