Jelang Musim Hujan, DLH Gencar Pangkas Pohon

  • Whatsapp
Kasi Penataan Jalur Hijau DLH Kota Sukabumi, Andri Kuswanda.

SUKABUMI — Menjelang musim hujan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Sukabumi, menginstensifkan pemangkasan pohon untuk mengantisipasi potensi pohon tumbang akibat angin kencang.

Kasi Penataan Jalur Hijau DLH Kota Sukabumi, Andri Kuswanda mengatakan, setiap harinya petugas terus berupaya melakukan pemangkasan pohon rindang yang berpotensi tumbang ketika musim hujan berlangsung.

Bacaan Lainnya

“Kami setiap harinya rutin melakukan pemangkasan pohon karena dikhawatirkan tumbang ketika diterpa angin kencang dan hujan,” kata Andri kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Lanjut Andri, pemangkasan ini hanya dilakukan terhadap pohon yang memiliki panjang sekitar sembilan meter dan rindang sehingga tidak semua pohon dipangkas. “Lantaran pohon yang rawan tumbang biasanya diatas 12 meter dan sudah berusia tua yang ditandai dengan batang keropos dan tumbuh jamur,” ujarnya.

Karena itu, petugas pemangkasan pohon juga diminta untuk mengecek jkondisi batang pohon sebagai bagian dari antisipasi pohon tumbang karena belum lama ini ada kejadian pohon tumbang meski tidak ada hujan atau angin.

“Karena itu kami berupaya maksimal melakukan pemangkasan agar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” paparnya.

Menurutnya, DLH Kota Sukabumi sejauh ini sudah banyak menerima laporan dari masyarakat terkait dengan banyaknya pohon yang perlu dilakukan pemangkasan. “Kami akan cepat merespon semua laporan dari masyarakat. Mudah-mudahan dengan upaya itu, tidak ada lagi pohon tumbang,” pungkasnya. (bam/t)

Pos terkait

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *