KABUPATEN SUKABUMI

Tumpukan Sampah Mulai Dibersihkan

PALABUHANRATU, RADARSUKABUMI.com, – Menjaga kebersihan pantai Selatan Sukabumi, pemerintah Kabupaten Sukabumi bersama komonitas pecinta alam melakukan bersih-bersih di sepanjang pantai.

Tujuannya agar kawasan objek wisata ini tetap asri.

Terlebih lagi, pasca liburan panjang Idul Fitri terdapat tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang pantai Palabuhanratu.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi, Denis Eriska mengatakan, pihaknya menerjunkan puluhan petugas kebersihan dalam aksi bersih-bersih di lokasi wisata Pantai Palabuhanratu.

“Kami juga menyediakan 12 armada untuk mengangkut sampah dengan jumlah personil 60 orang,” jelas Deris kepada Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, kemarin (11/6).

Puluhan petugas kebersihan ini, sambung Denis, bekerjasama dengan Komunitas Paguris, Balawista, My Palabuhanratu dan TP3TP memungut sampah yang berserakan di kawasan objek wisata.

“Kita bersama komunitas lainnya secara simultan melakukan gerakan bersih-bersih di lokasi wisata, tepatnya di sepanjang pantai Palabuhanratu,” timpalnya.

Menurutya, aksi bersih-bersih ini selain untuk menjaga kebersihan kawasan objek wisata juga diharapkan dapat menggugah kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Dengan aksi bersih-bersih ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami atas aksi bersih-bersih ini.

“Jauh-jauh hari, kita sudah menghimbau kepada dinas maupun masyarakat agar selalu menjaga kebersihan. Untuk itu, saya berharap kepada para wisatawan yang berkunjung ke pantai Palabuhanratu agar selalu menjaga dan melestarikan keindahan pantai,” katanya.

Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi ini, menghimbau kepada para wisatawan yang berkunjung ke pantai Palabuhanratu agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Selain itu, para wisatawan juga harus menjaga fasilitas yang ada, jangan sampai merusaknya,” bebernya.

Keindahan pantai Selatan Sukabumi, ujar Marwan, dapat dirasakan kenyamanannya bila kawasan objek wisata terlihat bersih dari tumpukan sampah.

“Kalau pemerintah saja tentu mustahil dapat menyelesaikan masalah sampah. Untuk itu, perlu komitmen dan kesadaran bersama baik para pemilik warung maupun para wisatawan. Sehingga, kolaborasi antara pemerintah dengan masyarakat dalam menyelesaikan persoalan sampah bisa terselesaikan,” pungkasnya.

(Den/d)

Tags
Show More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button