Dua Pekan Jelang Iduladha 2022, DPRD Kabupaten Sukabumi Minta Disnak Pantau Hewan Kurban

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali

SUKABUMI, RADAR SUKABUMI – Menjelang perayaan Idul Adha 2022, wakil ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali meminta terhadap Dinas Peternakan lakukan pemeriksaan terhadap hewan kurban.

Hal itu, kata anggota DPRD dari fraksi partai Golkar dilakukan sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) yang mewabah saat ini.

“Menjelang Idul Adha kita sudah mengintruksikan kepada dinas terkait supaya melakukan pemeriksaan terhadap hewan hewan ternak,” ungkapnya kepada awak media.

“Jadi mana yang layak dikonsumsi mana yang tidak layak di konsumsi, jadi kalau bisa saya sudah instruksi juga kepada dinas peternakan itu ada hasil pemeriksaan dinas peternakan nya itu sendiri,” sambungnya.

Sementara, kata Budi Azhar jika hewan ternak yang masih kelihatan sehat menurutnya tidak perlu juga ada ditujukan surat keterangan sehat, namun pemeriksaan tetap perlu dilakukan.

“Kalau misalnya ada indikasi penyakit itu dinas peternakan bisa memisahkan mana yang layak konsumsi dan tidak,” jelasnya.

Masih kata Budi Azhar, hingga saat hari ini pihaknya belum mendengar ada indikasi hewan hewan ternak di Kabupaten Sukabumi terpapar PMK.

“Kalau misalnya hewan ternak sapi atau hewan kurban lainnya dari luar Sukabumi kita sudah merekomendasikan kepada dinas peternakan untuk supaya diminta surat keterangan sehatnya,” bebernya.

“Sampai hari ini belum mendengar atau laporan dari masyarakat atau dinas peternakan ada indikasi adanya hewan hewan ternak terpapar PMK,” pungkasnya. (Cr2)

Pos terkait