DPPKB Kab SukabumiKABUPATEN SUKABUMI

DPPKB Perkuat Peran Saka Kencana

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sukabumi mendorong Satuan Karya Pramuka Keluarga Berencana (Saka Kencana) agar berperan aktif dalam membina remaja khususnya anggota Pramuka di Sekolah Siaga Kependudukan (SSK).

Ketua Pimpinan Saka Kencana Cabang Kabupaten Sukabumi, Wahyu Cahyono menjelaskan, dalam mendorong peran Saka Kencana ini, DPPKB melakukan penguatan program kerja sama pendidikan kependudukan di SSK.

“Dalam penguatan ini, kami memberikan materi berdasarkan krida yang ada di Saka Kencana, seperti krida generasi berencana, krida ketahanan dan kesejateraan keluarga, krida kesehatan keproduksi, krida promosi KIE dan krida kependudukan,” kata Wahyu kepada Radar Sukabumi, kemarin (15/8).

Menurutnya, para petugas lapangan selaku instruktur Saka Kencana juga diberikan orientasi tentang isi petunjuk penyelenggaraan Saka Kencana. “Kami mengarahkan, agar pembina memperhatikan petunjuk tentang syarat kecakapan khusus yang ada dilima krida itu. Dengan begitu, maka mereka bisa membina remaja melalui kegiatan gerakan Pramuka dengan materi yang sesuai dengan krida yang ada di Saka Kencana,” cetusnya.

Lanjut Wahyu, dalam orentasi ini ia memberikan gambaran tentang konten program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dapat diselaraskan dengan materi krida Saka Kencana. Sebab itu, ia menilai perlu pemahaman organisasi gerakan Pramuka yang dapat dijadikan media pembinaan generasi muda. “Ini bisa dilakukan juga di Sekolah Siaga Kependudukan selain dari mengisi materi pada saat ada pelatihan kepramukaan,” tuturnya.

Ia menyimpulkan, inti dari orientasi ini memberikan penguatan kapasitas kepada petugas selaku instruktur Saka Kencana untuk menyampaikan program KKBPK melalui Satuan Karya Pramuka Kencana. “Dengan adanya penguatan program kerjasama pendidikan kependudukan ini, Saka Kencana ke depan bisa lebih berperanaktif dalam melakukan pembinaan kepada remaja,” pungkasnya.

(bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button