Balawisata Himbau Wisatawan Patuhi Prokes

  • Whatsapp

SUKABUMI — Kawasan objek wisata pantai di Pesisir Selatan Kabupaten Sukabumi, terutama di Palabuhanratu mulai dipadati wisatawan lokal maupun dari luar. Personel Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Kabupaten Sukabumi pun terus meningkatkan pengawasan di setiap pos penjagaan.

Ketua Balawista Kabupaten Sukabumi, Yanyan Nuryanto mengatakan, kondisi kunjungan wisatawan saat ini, dari hasil pemantauan di 19 pos pelayanan dan pengawasan cukup padat. “Kondisinya padat tetapi masih dalam batas normal seperti libur weekend,” ujarnya kepada Radar Sukabumi, Sabtu (15/04).

Bacaan Lainnya

Petugas yang diterjunkan untuk pengawasan dan pengamanan di pesisir pantai terdiri dari 7 kecamatan dari Balawista, di antaranya dari Kecamatan Cisolok, Kecamatan Cikakak, Palabuhanratu, Simpenan, Ciemas, Ciracap dan Kecamatan Surade.

“Pada 19 pos, sebanyak 107 orang personel dibantu petugas bech patrol dari sekretariat Balawista. Dalam penanganan keamanan dan keselamatan wisatawan pada liburan lebaran ditangani tim gabungan dibawah BKO Polres Sukabumi (Polres, TNI, Satpol PP, BASARNAS, Sarda, BALAWISTA , Pramuka dan tim relawan lainnya),” paparnya.

Seiring dengan pemberlakuan pembatasan kunjungan wisatawan ke objek wisata, 50 persen, ia menyebut indikator atau ukuran 50 persen belum ada. Namun, jika dilihat dari cakupan luas kawasan masih memenuhi edaran dari Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi harus 50 persen.

“Kami mengimbau kepada pengunjung agar dapat mematuhi peraturan terkait Protokol Kesehatan dan dalam melakukan aktivitas, selalu mematuhi imbauan petugas lifeguard demi keamanan dan keselamatan wisatawan,” jelasnya.

Sejauh ini kondisi di pesisir pantai masih aman, meski sempat ada dua wisatawan, yang terseret arus ombak. “Alhamdulillah, hari ini dua orang berhasil kami selamatkan karen terseret arus ombak,” tandasnya.(cr1/d)

loading...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *