1.893 Rumah di Bogor Terendam Banjir, BPBD : Akses Jalan Tergenang

Lokasi banjir di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Lokasi banjir di Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (BPBD Kabupaten Bogor)

BOGOR — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencatat sebanyak 1.893 rumah di dua kecamatan terendam banjir saat hujan deras pada Rabu, 3 Mei 2023, sejak sore hingga malam hari.

“Bukan hanya rumah, akses jalan warga juga sempat tergenang, karena ketinggian banjir sekitar 50-60 centimeter,” ungkap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko di Bogor, Kamis.

Bacaan Lainnya

Banjir merendam 1.893 rumah yang dihuni oleh 2.592 KK, sehingga menyebabkan 10.294 jiwa terdampak. Aris menyebutkan bahwa peristiwa banjir terjadi di tiga titik, yakni Desa Waringin Jaya, Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede dan Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri.

Menurutnya, rumah terdampak banjir paling banyak berada di wilayah Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri. Meski begitu, Aris memastikan banjir tidak berlangsung terlalu lama dan kini telah surut.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Bupati Bogor, Iwan Setiawan telah menetapkan daerahnya berstatus tanggap darurat bencana setelah Kabupaten Bogor dikepung bencana pada Senin (24/4) lalu.(*)

Pos terkait