SCG Luncurkan 3 Inovasi yang Menjadikan Masyarakat Rendah Karbon

SCG-Low-Karbon

RADAR SUKABUMI – Ketika dunia sedang beralih dari fenomena pemanasan global ke “global mendidih” yang memperburuk parahnya permasalahan lingkungan hidup, maka upaya untuk menciptakan “masyarakat rendah karbon” menjadi prioritas yang mendesak.

Namun, merupakan tugas yang menantang untuk mendorong organisasi bisnis, konsumen, dan semua sektor di masyarakat untuk beralih dari perilaku lama mereka ke cara baru yang ramah lingkungan.

Bacaan Lainnya

SCG, konglomerat terkemuka di ASEAN, bertekad untuk mengeksplorasi dan mengembangkan inovasi luar biasa untuk menjadikan semua perubahan positif bagi lingkungan “mungkin” demi dunia yang lebih baik dan kualitas hidup yang lebih baik bagi semua orang.

Mulailah berubah dengan menggunakan “plastik daur ulang”

Menanggapi meningkatnya permasalahan sampah plastik, dimana Thailand menghasilkan sekitar 2 juta ton sampah plastik setiap tahunnya, SCG Chemicals (SCGC) telah mengembangkan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan lingkungan ini. Perusahaan ini memperkenalkan “SCGC GREEN POLYMER™,” solusi polimer ramah lingkungan yang mencakup empat aspek utama: Reduce, Recyclable, Recycle, dan Renewable.

Inisiatif Reduce menggunakan pelet plastik berkualitas tinggi yang lebih kuat dan ringan, sehingga meminimalkan penggunaan plastik. Dalam domain Recyclable, SCGC memproduksi solusi kemasan yang dapat didaur ulang, baik food grade maupun general grade. Aspek Daur Ulang memanfaatkan teknologi Daur Ulang Mekanis & Canggih untuk menciptakan kemasan tahan lama dari bahan daur ulang. Terakhir, inisiatif Renewable berfokus pada plastik berbasis bio dari tanaman berkelanjutan, bekerja sama dengan Braskem, di bawah merek “I’m green™”.

SCGC bertujuan untuk memproduksi 1 juta ton polimer ramah lingkungan pada tahun 2030, mengurangi sampah plastik Thailand hingga 50% setiap tahunnya. Perusahaan berkomitmen untuk bermitra dengan berbagai organisasi bisnis untuk mempromosikan penggunaan plastik berkelanjutan, menuju masa depan yang lebih ramah lingkungan bagi semua.

Inovasi “energi bersih” dengan biaya lebih rendah dan karbon lebih sedikit

Lonjakan harga energi telah meningkatkan minat terhadap energi ramah lingkungan di semua sektor, didorong oleh harapan untuk mengurangi biaya energi. Salah satu sumber energi bersih yang menarik adalah tenaga surya. SCG Cleanergy telah mengembangkan sistem “Smart Grid” untuk fasilitas dengan konsumsi listrik tinggi, seperti kawasan industri, pabrik, pusat perbelanjaan, hotel, dan rumah sakit.

Dipantau oleh para ahli, sistem ini membantu mengelola seluruh penggunaan listrik di suatu area, termasuk memperkirakan jumlah listrik yang akan diproduksi dan jumlah yang digunakan pada waktu yang berbeda. Hal ini memungkinkan pemilik fasilitas untuk memastikan pemilihan sumber energi yang hemat biaya dalam periode yang berbeda. Sistem ini hadir bersama dengan Power & Carbon Trading Platform. Terbukti bahwa penggunaan tata surya berkapasitas 6 megawatt di kawasan industri menurunkan biaya energi tahunan sebesar 6% dan mengurangi CO2 sebesar 4.000 ton per tahun.

SCG juga berkolaborasi dengan Rondo Energy, startup energi ramah lingkungan asal Amerika Serikat, untuk mengembangkan inovasi “Heat Battery”. Teknologi ini menyimpan energi bersih dari angin dan matahari dalam bentuk panas di dalam baterai yang mampu menampung hingga 1.500 derajat Celcius. Panas yang tersimpan kemudian diubah menjadi udara panas dan uap untuk keperluan industri tanpa proses pembakaran, tidak seperti bahan bakar fosil, sehingga emisi karbon nol. SCG bertujuan untuk menerapkan teknologi ini di Thailand dan negara-negara ASEAN lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *