Ini 7 Tanaman Pengusir Nyamuk, Terbukti Manjur

Ilustrasi tanaman pengusir nyamuk-Pixabay
Ilustrasi tanaman pengusir nyamuk-Pixabay

JAKARTA — Selain memastikan area rumah tidak ada tempat genangan air yang bisa menjadi sarang nyamuk, ada cara lain yang bisa kamu lakukan yaitu dengan Tananam atau menempatkan beberapa tanaman pengusir nyamuk di rumahmu.

Berikut 7 tanaman pengusir nyamuk ampuh, yang bisa bantu lindungi keluarga dari demam berdarah.

7 Tanaman Pengusir Nyamuk yang Bisa Cegah DBD

1. Lavender

Sudah sejak lama, lavender dikenal ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk. Bahkan, lavender sering kali digunakan sebagai bahan campuran produk pengusir nyamuk dari berbagai merek komersial.

Memiliki aroma menenangkan, faktanya aroma tersebut-lah yang sangat dibenci oleh nyamuk. Lavender bisa kamu tanam di kebun kecil atau ditempatkan dalam pot dan diletakkan di dekat pintu atau jendela. Dijamin, nyamuk langsung kabur!

2. Marigold

Berikutnya, ada marigold, yang memiliki warna cerah serta bentuk sangat cantik. Bukan hanya dijadikan sebagai tanaman hias, marigold juga ampuh dalam mengusir nyamuk.

Marigold mengandung Pyrethrum, senyawa yang digunakan dalam banyak penolak serangga. Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari dan tanah yang subur. Marigold mudah tumbuh dengan baik di tanah, di dalam pot, atau bahkan berdampingan dengan kebun sayur.

3. Rosemary

Rosemary merupakan tanaman herbal dengan aroma kayu yang khas. Aroma ini juga sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Meskipun tumbuh paling baik di iklim yang panas dan kering, rosemary juga toleran terhadap semua kondisi lain.Selain jadi pengusir nyamuk, rosemary juga bisa kamu jadikan tanaman hias, hingga penyedap dalam masakanmu, lho.

4. Zodia

Gak kalah manjur, kamu juga bisa pilih zodia sebagai tanaman pengusir nyamuk. Zodia (Euodia sauveolens) adalah tumbuhan yang masih tergolong dari suku jeruk-jerukan (Rutacea) dan merupakan tanaman endemik Indonesia asal Papua.

Pos terkait