Cara Mulai Trading Bitcoin Bagi Pemula

Bitcoin

RADARSUKABUMI.com – Kemajuan teknologi telah memuncul mata uang kripto sebagai instrument perdagangan atau investasi. Cryptocurrency ini merupakan suatu mata uang digital yang tidak lagi mengggunakan uang fisik seperti yang dipergunakan sehari-hari.

Ketertarikan terhadap mata uang kripto dengan salah satu coin yang terkenalnya adalah bitcoin telah menyedot banyak perhatian masyarakat, terutama pada generasi muda yang banyak menjadi trader bitcoin.

Mengapa harus bitcoin? Karena bagi pemula untuk belajar trading pada mata uang kripto yang paling besar memiliki nilai kapitalisasinya adalah bitcoin. Sehingga dengan mempelajari cara trading maka ada kemungkinan kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Lantas, bagaimana sih jika kamu sebagai pemula yang ingin mulai memperdagangkan bitcoin dan mata uang kripto lainnya? Sebelum itu, ada baiknya Anda mencoba mengenal dasar-dasarnya terlebih dahulu  seperti tradingview dalam mengenali cryptocurrency.

Apa itu mata uang Kripto?

Sebelum kamu memulai untuk memperdagangkan mata uang kripto seperti bitcoin, maka alangkah baiknya kamu mengetahui apa itu mata uang kripto, apa itu bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Karena dalam dunia kripto banyak istilah yang mungkin terasa asing ditelinga sehingga pengetahuan terkait istilah-istilah dalam perdagangan bitcoin harus kamu ketahui, sebagai contoh btc to idr artinya nilai bitcoin terhadap rupiah.

Tidak seperti uang kertas konvensional yang sering digunakan untuk kebutuhan perdagangan tunai, mata uang cryptocurrency digunakan untuk kebutuhan transaksi virtual. Cryptocurrency juga terdesentralisasi. Artinya tidak ada perantara dalam suatu transaksi.

Oleh karena itu, sistem pembayaran langsung dilakukan oleh penjual dan pembeli. Banyak yang bertanya apakah sistem pembayaran menggunakan cryptocurrency masih aman digunakan. Jawabannya akan tetap aman karena semua transaksi tersedia dan dijalankan secara optimal dan aman.

Namun karena kelebihan sistem desentralisasinya, memaksa kamu untuk mempersiapkan komputer dengan spesifikasi yang canggih untuk dapat melakukan transaksi cryptocurrency.

Tujuan menggunakan cryptocurrency

Sekarang ini banyak orang yang menggunakan cryptocurrency sebagai alat perdagangan dan investasi. Jika kamu menjadikan alat perdagangan maka hal tersebut akan sama dengan yang lainnya seperti halnya menurut prinsip ekonomi ketika permintaan meningkat, harga akan meningkat.

Namun, jika kamu menjadikan bitcoin sebagai alat investasi maka kamu dapat membeli bitcoin dalam sebuah platform investasi kripto, dimana uang digital kamu akan mengendap dan akan mendapatkan keuntungan berbentuk bunga, ketika investasi kamu di pergunakan oleh pihak kedua, meski demikian kamu perlu benar-benar memahami bahwa jenis investasi ini adalah investasi yang berisiko tinggi.

Selain sebagai alat investasi, mata uang kripto atau bitcoin sekarang ini sudah bisa digunakan sebagai alat perdagangan barang atau jasa, walaupun di Indonesia pemerintah belum mengakui bahwa aset kripto dapat diperdagangkan secara real.

Saat ini, banyak orang telah memilih untuk menggunakan cryptocurrency untuk proses jual beli baik untuk perusahaan besar maupun restoran, dan bahkan aplikasi mulai mempertimbangkan cryptocurrency sebagai alat pembayaran.

Selain dua hal yang disebutkan di atas, cryptocurrency juga berfungsi sebagai mining atau mungkin kamu cukup sering mendengar aktivitas mining cryptocurrency. Jadi apa sebenarnya penambangan cryptocurrency itu?

Penambangan adalah kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan cryptocurrency. Namun, cara ini juga perlu dilakukan dengan hati-hati karena pengguna harus bisa memecahkan teka-teki terkait cryptocurrency.

Jenis mata uang kripto
Ketika kamu mulai memasuki dunia kripto maka sebelum kamu memulai perdagangan, maka kamu harus mengetahui coin kripto apa saja yang sering diperdagangkan dan memiliki kapitalisasi nilai yang tinggi.

Untuk itu, sebelum kamu melakukan jual beli, kamu juga harus mengetahui coin kripto apa yang akan kamu pilih sebagai alat jual beli, beberapa diantaranya yang terkenal adalah:

1.Bitcoin
Cryptocurrency ini cukup melegenda dan terkenal. Bitcoin merupakan mata uang kripto pertama dan hingga sekarang menjadi mata uang kripto yang paling banyak digunakan dan memiliki kapitalisasi nilai yang sangat tinggi.

Bitcoin pertama kali muncul pada tahun 2009 dan dibuat oleh seseorang bernama Satoshi Nakamoto. Hingga 2019, atau sepuluh tahun setelah kemunculannya, nilai pasar Bitcoin mencapai 146 miliar dolar.

2.Ethereum

ketika bitcoin menduduki tingkat paling atas dalam mata uang kripto, maka pada posisi kedua ditempati oleh Ethereum. Jika kamu tertarik untuk berdagang dengan Ethereum, kamu dapat menggunakan perangkat lunak bernama Ethereum.

Sebenarnya, tujuan awal Ethereum adalah untuk menciptakan serangkaian produk keuangan yang dapat diakses dengan mudah dan langsung, yang terdesentralisasi. Peluncuran Ether belum lama, baru muncul pada tahun 2015 tetapi hingga tahun 2021 kapitalisasi pasar Ether adalah 19% dari bitcoin.

3. Polkadot
Polkadot menjadi salah satu pilihan mata uang kripto yang dapat kamu lakukan dalam bertranskasi kripto. Polkadot banyak digunakan karena cryptocurrency ini cukup menarik dengan memberikan bukti kepemilikan tunggal dalam hal memfasilitasi interoperabilitas antara berbagai blockchain.

Oleh karena itu, cryptocurrency ini sengaja dibuat untuk menghubungkan berbagai blockchain agar lebih memudahkan sistem untuk beroperasi di bawah satu atap. Jadi perbedaan antara polkadot dan ethereum adalah polkadot memungkinkan kamu untuk mengatur keamanan blockchain sendiri.

Kiat mulai trading kripto

Ketika kamu sudah mengetahui istilah dan coin kripto apa yang akan kamu jadikan alat transaksi atau investasi maka langkah selanjutnya adalah bagaimana memulai trading kripto agar untung bagi pemula.

Jika kamu tertarik untuk memulai perdagangan bitcoin dan cryptocurrency lainnya. Maka sebaiknya kamu mulai memperhatikan hal-hal berikut agar bisa mengikuti perkembangan keduanya.

1.Pertama

Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah memperhatikan atau mencari tahu terkait dengan legalitas perdagangan aset kripto pilihan. Jika kamu bingung terkait dengan legalitas aset kripto yang diakui atau tidak maka kamu bisa mengecek pada Bappebti. Suatu badan pemerintah Indonesia yang khusus khusus yang mengelola investasi.

2.Kedua

Pilih jenis aset kripto yang sudah kamu ketahui latar belakangnya. Seperti yang kita ketahui saat ini, ada berbagai jenis aset kripto yang tersedia dan memungkinkan untuk memilihnya secara bebas.

Tetapi jika kamu masih bingung juga kamu bisa mencari aplikasi atau platform yang menyediakan berbagai jenis aset kripto, hal ini tentu memudahkan kamu untuk memutuskan aset kripto mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

3.Ketiga

Jika kamu telah memutuskan untuk memilih platform atau aplikasi trading kripto, maka langkah selanjutnya adalah pastikan platform yang kamu pilih komprehensif. Meskipun kita tahu pasti bahwa setiap pertukaran memiliki struktur yang berbeda.

Namun ada beberapa fitur penting yang perlu kamu pastikan platform tersebut memilikinya, misalnya fitur stop loss, yaitu fitur yang memungkinkan trader atau pemilik akun untuk membatasi kerugiannya.

Selain itu, kamu juga mendapatkan fitur short sell yang memungkinkan kamu untuk terus mendapatkan keuntungan meskipun kamu melakukan trading dalam waktu singkat.

Itulah beberapa penjelasan secara lengkap bagaimana kamu akan memulai trading kripto bagi pemula sehingga tidak mengalami kerugian.

Tertarik berinvestasi dan trading aset crypto secara mudah? Aplikasi Pintu mungkin bisa membantumu!

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho.

Bitcoin

 

Pos terkait