Waspada, Ada Potensi Gempa 8 Magnitudo di Indonesia, Segera Buat Rencana

Akun Youtube SSGEOS disebutkan, bahwa wilayah Indonesia berpotensi terjadi gempa besar.
Akun Youtube SSGEOS disebutkan, bahwa wilayah Indonesia berpotensi terjadi gempa besar. (Tangkapan Layar)

Hoogerbeets sebelumnya meramalkan gempa Turki, tiga hari sebelum kejadian. Gempa dengan magnitudo 7,8 pada 6 Februari menewaskan sekitar 50.000 orang.

Bacaan Lainnya

“Cepat atau lambat akan ada gempa magnitudo 7,5 di wilayah ini (Turki selatan-tengah, Yordania, Suriah, Lebanon),” tulis Hoogerbeets, 3 Februari 2023.

Setelahnya, ramalan itu menjadi viral di media sosial karena gempa dahsyat benar-benar terjadi di Turki. Hoogerbeets pun menjelaskan dalam tweet baru bagaimana dia menebak tragedi tersebut.

Sebelumnya, Ahli Geodesi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Heri Andreas mengatakan, Sesar Cimandiri berada di sekitar Sukabumi hingga Cianjur dan Padalarang. Namun, catatan gempa yang pernah terjadi di sesar itu belum ada yang mirip dengan gempa Tukri Februari lalu.

Dalam sejarahnya, cukup banyak gempa bumi yang dipicu oleh Sesar Cimandiri. Termasuk di antaranya adalah gempa sekitar Gunung Gede pada 1699, gempa Sukabumi pada 1879 dan 1900. Kemudian gempa Cianjur pada 1844, gempa Rajamandala pada 1910, serta gempa di Sukabumi pada tahun 2000 yang memicu kerusakan parah.(*)

Pos terkait