JAWA BARATSUKABUMI

Upacara Sumpah Pemuda, Ridwan Kamil Kesal Merah Putih Gagal Berkibar

RADARSUKABUMI.com – Bendera merah putih gagal berkibar saat peringatan Sumpah Pemuda tingkat Jawa Barat di Sport Jabar Arcamanik, Kota Bandung, Senin (28/10).

Padahal upacara bendera peringatan Sumpah Pemuda ini dipimpin Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan dihadiri ribuan siswa.

Bendera gagal naik ke atas puncak. Tali pengerek macet menyebabkan bendera merah putih tidak bisa mencapai puncak.

Sementara itu, lagu Indonesia Raya terus dinyanyikan hingga habis.

Setelah itu, komandan upacara memerintahkan untuk peserta upacara berbalik badan.

Kemudian beberapa petugas mencoba memperbaiki tali pengerek tersebut. Namun tidak berhasil hingga akhirnya bendera dilepas dan kembali dibawa oleh tim Paskibra.

Upacara akhirnya kembali dilanjutkan, dan berlangsung penuh kehidmatan. Semua peserta upacara penuh semangat mengikuti rangkaian upacara demi membangkitkan semangat sumpah pemudah.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyesalkan terjadinya insiden tersebut. Dia meminta kejadian ini menjadi evaluasi agar tidak kembali terulang ke depannya.

“Ini peringatan namanya semua acara harus dicek. Yang namanya gladi itu bukan hanya sampai tiang tapi sampai naik benderanya sesuai dengan ritem lagi,” katanya.

“Saya kan dulu Paskibra . Jadi saya sesalkan dan harus jadi koreksi di kemudian hari,” katanya lagi seperti dikutip detikcom.

Namun Ridwan Kamil tidak ingin terlalu mempermasalahkan insiden yang terjadi. Tapi yang jelas harus jadi pengingat agar semua hal disiapkan dengan baik.

“Ini kan bukan yang pertama yah, saya amati sering kejadian karena terlalu menggampangkan teknis. Itu otomatis. Saya kira ini teguran dari saya,” ujarnya.

(ral/int/pojokjabar/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan