KOTA SUKABUMISUKABUMI

Bunga Tabebuya Kuning Bikin Kota Sukabumi Jadi Cantik

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pohon Tabebuya kuning yang tengah mekar indah menjadi sorotan berbagai kalangan masyarakat. Pohon yang bisa dijumpai di sisi Jalan Suryakencana dan Alun-alun Kota Sukabumi itu terlihat mempercantik suana Kota Sukabumi.

Bahkan, tidak sedikit warga beranggapan pohon yang memiliki nama latin Handroanthus chrysotrichus itu mirip dengan pohon sakura yang identik dengan negara Jepang. Padahal, walaupun bunga pohon terompet emas ini mirip sakura tapi jelas berbeda.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, Tabebuya (Handroanthus chrysotrichus), Tabebuya kuning atau Pohon terompet emas adalah sejenis tanaman yang berasal dari negara Brasil dan termasuk jenis pohon besar. Seringkali tanaman ini dikira sebagai bunga Sakura oleh kebanyakan orang, karena bila berbunga bentuknya mirip seperti bunga sakura.

IMG 20191023 WA0008 - Bunga Tabebuya Kuning Bikin Kota Sukabumi Jadi Cantik
Bunga pohon Tabebuya kuning yang tengah mekar di Jalan Suryakencana. FOTO: LUPI PAJAR HERMAWAN//RADAR SUKABUMI

Namun kedua tanaman ini sebenarnya tidak berkerabat. Pohon tabebuya memiliki kelebihan di antaranya daunnya tidak mudah rontok, disaat musim berbunga maka bunganya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berbatang keras.

Hermawan (28), salah satu pejalan kaki yang melintas di Jalan Suryakencana cukup bertanya-tanya akan pohon dipinggir jalan tersebut. Lantaran, selain bunganya indah, namun pemandangan itu baru dijumpainya saat ini.

“Saya sengaja berhenti, saya pikir ini pohon sakura yang seperti di Jepang, padahal bukan. Tapi bunga itu, memperindah suasana disekitar Jalan Suryakencana ini,” ungkap Hermawan kepada Radar Sukabumi, Rabu (23/10/2019).

Menurutnya, pohon serupa harus cukup banyak ditanam oleh Pemerintah Kota Sukabumi. Karena memang, pohon asal Brazil ini dapat menajdi salah satu daya tarik Kota Sukabumi.

“Ya saya rasa pemerintah harus lebih banyak lagi menanamnya, bagus-bagus kalau diseluruh pinggir jalan sehingga indah saat bunganya mekar,” imbuhnya.

IMG 20191023 WA0009 - Bunga Tabebuya Kuning Bikin Kota Sukabumi Jadi Cantik
Bunga pohon Tabebuya kuning yang tengah mekar di Jalan Suryakencana. FOTO: LUPI PAJAR HERMAWAN//RADAR SUKABUMI

Semenara itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menambahkan, pihaknya bakal menambah jumlah pohon tersebut di beberapa ruang publik dan ruang terbuka hijau di Kota Sukabumi.

“Kita akan tambah koleksi pohon ini, sehingga selain udaranya yang sejuk Kota Sukabumi juga indah dengan pohon Tabebuya,” pungkasnya.

(upi/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *